Scroll Untuk Baca Artikel
JatengNews Update

Gapura Makam KH Sholeh Darat Ditarget Rampung Akhir Desember 2021

×

Gapura Makam KH Sholeh Darat Ditarget Rampung Akhir Desember 2021

Sebarkan artikel ini
Kepala Disperkim Kota Semarang, Ali ST.

Bila makam KH Sholeh Darat dalam kondisi bagus, lanjut dia, maka diharapkan para ahli waris bersedia untuk dirapikan makamnya dan tidak menjadi tersinggung atas adanya rencana pelebaran jalan akses makam.

”Kami ingin agar sosialisasi terkait pelebaran jalan akses tidak hanya berasal dari Disperkim saja, namun bisa turut disampaikan para kiai. Supaya makam KH Sholeh Darat dapat menjadi lebih baik dan nyaman bagi peziarah,” ungkap dia.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Sementara itu, Kabid Pertamanan dan Permukiman Disperkim Kota Semarang, Murni Ediati mengatakan, selama ini tempat wisata religi seperti di makam-makam Sunan di Pulau Jawa, jalan akses berbentuk tangga manual dan belum memiliki akses bagi para disabilitas.

Untuk itu, makam KH Sholeh Darat akan diperhatikan ramah bagi disabilitas yakni bisa dilewati peziarah yang menggunakan kursi roda. Hanya saja, dengan lebar jalan akses yang tidak sampai satu meter, tentu belum benar-benar ideal untuk dilewati pengguna kursi roda.

”Saat ini lebar jalan akses masuk makam sekitar 30-40 sentimeter. Rencana diperlebar menjadi 60 sentimeter. Adapun jumlah ahli waris terdampak pelebaran jalan makam diperkirakan mencapai 37 keluarga. Kami berupaya, untuk bisa memberikan sosialisasi kepada ahli waris yang makamnya akan dirapikan. Akan ada sedikit pergeseran dalam penataan makam-makam tersebut,” ucap dia. (Ak/El)

Tinggalkan Balasan