Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineNasionalNews Update

Pakar Psikologi Apresiasi Kinerja Polwan Polda Jateng Pulihkan Trauma Korban Semeru

×

Pakar Psikologi Apresiasi Kinerja Polwan Polda Jateng Pulihkan Trauma Korban Semeru

Sebarkan artikel ini
Pakar Psikologi Apresiasi Kinerja Polwan Polda Jateng Pulihkan Trauma Korban Semeru

Keberadaan para polwan sebagai konselor pemulihan trauma amat tepat, terutama karakter wanita yang cenderung komunikatif dan mudah mudah berempati pada korban terutama anak-anak. Keberadaan polwan yang simpatik dan terbuka juga amat membantu pemulihan kepercayaan diri dan mencairkan suasana, pada pria maupun wanita.

“Anak-anak juga harus segera beraktivitas, entah itu bermain atau diberikan pelajaran. Itu amat membantu pemulihan Psikologisnya,” jelas Indra yang juga mengajar psikologi forensik di Akpol Semarang ini.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Indra menambahkan, korban bencana biasanya rentan akan suara gemuruh atau sirine. Keberadaan polwan di lokasi bencana, harus mencerminkan sosok humanis menanggapi kondisi psikologis korban yang rentan.

“Kami berharap tim berada disana untuk waktu minimal sebulan, karena itu masa paling singkat untuk pemulihan trauma. Hindari suara gaduh seperti suara sirine dan sebagainya. Kami harap nantinya ada warga lokal yang dikader untuk menjadi pelaksana trauma healing disana,” saran Indra.

Menanggapi komentar Indra Dwi Purnomo, Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menyatakan apresiasinya dan berharap pemulihan korban akibat letusan Semeru dapat terlaksana secara lancar.

“Apa yang disarankan akan menjadi masukan besar bagi Polda Jateng dalam penanganan psikologis korban bencana. Intinya kami siap mengevaluasi kegiatan dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” tutupnya. (Ak/El)

Tinggalkan Balasan