Basarnas Jateng Terjun 20 Personil Bantu Evakuasi Penanganan Gempa Bumi Cianjur

Basarnas Jateng Terjun 20 Personil Bantu Evakuasi Penanganan Gempa Bumi Cianjur

Semarang, 21/11 (BeritaJateng.tv) – Sebanyak 20 personil tim penolong (rescuer) Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang diterjunkan untuk membantu penanganan dan evakuasi korban terdampak gempa bumi yang terjadi di Cianjur Jawa Barat.

Gempa yang terjadi pada senin (21/11/22) siang pukul 13.21 WIB tersebut berkekuatan 5,6 SR dan mengakibatkan banyak korban baik jiwa maupun materi.

“Berdasarkan informasi yang kami terima, masih ada korban yang belum terevakuasi semuanya mengingat area terdampak gempa yang cukup luas, sehingga kami memberangkatkan satu tim dengan 20 personil untuk membantu penanganan disana, ” ungkap Heru Suhartanto Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang.

“Tim kami lengkapi dengan peralatan urban SAR yang memang diperuntukkan bila terjadi gempa seperti gergaji beton, tabung lifting bags, alat pengungkit, dan lain sebagainya, ” lanjut Heru.

Menurutnua, tim yang akan diterjunkan ini telah memiliki kualifikasi urban SAR dan juga kemampuan Pertolongan medis pertama atau medical first responder.

Nantinya tim akan diperbantukan di Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung untuk memperkuat tim rescue yang sudah ada. Bahkan menurut rencana, Basarnas Jawa Tengah juga akan menerjunkan 38 personil tambahan Selasa (22/11) besok.

“Dengan adanya tim yang kami kirimkan, semoga bisa mempercepat penanganan evakuasi korban gempa sehingga mampu meminimalisir korban jiwa lebih banyak lagi, ” pungkas Heru. (Ak/El)

Leave a Reply