Scroll Untuk Baca Artikel
Jateng

Buka Fungsional Mulai Jumat, Lewat Tol Solo-Jogja Tujuan Colomadu-Ngawen Diklaim Hanya 25 Menit

×

Buka Fungsional Mulai Jumat, Lewat Tol Solo-Jogja Tujuan Colomadu-Ngawen Diklaim Hanya 25 Menit

Sebarkan artikel ini
Solo-Jogja Tol
Ruas jalan Tol Solo-Jogja. (Foto: pemprovjateng.go.id)

SOLO, beritajateng.tv – Mulai Jumat, 5 April 2024 hingga Senin, 15 April 2024, tol fungsional Solo-Jogja dari Colomadu dan Banyudono menuju Ngawen, Klaten, akan dibuka untuk melayani arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Waktu tempuh kendaraan dari Colomadu dan Banyudono hingga Ngawen, Klaten, sepanjang 22 kilometer via tol fungsional Solo-Jogja diklaim bisa memangkas waktu tempuh kendaraan menjadi hanya 25 menit. Tol fungsional ini beroperasi dari pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Direktur Utama PT Jasa Marga Jogja Solo (JMJ), Rudy Hardiansyah, menyatakan bahwa saat kondisi normal di arteri biasanya memakan waktu sekitar 50 menit. Bahkan, bisa mencapai 1 jam hingga 1,5 jam saat weekend atau Lebaran. Namun, dengan lewat tol fungsional ini, waktu tempuh dapat dipangkas menjadi 25 menit saja.

“Saat kondisi normal di arteri biasanya sekitar 50 menit. Bahkan saat weekend bisa 1 jam sampai 1,5 jam apalagi saat Lebaran. Kalau lewat tol fungsional ini bisa 25 menit,” ujar Rudy, Selasa, 2 April 2024.

BACA JUGA: Siap Buka Secara Fungsional Saat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024, Jalan Tol Solo-Jogja Bakal Gratis

Ada sekitar 15 lokasi alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) yang harus kendaraan lewati via jalur arteri dari Kartasura menuju Klaten, yang membuat waktu tempuh menjadi lebih lama. Dengan lewat jalur tol fungsional Solo-Jogja, pemudik tak perlu melewati APILL sehingga lebih cepat.

Meskipun begitu, terdapat beberapa hal yang perlu jadi perhatian. Pada GT Banyudono masih terdapat perbedaan level ketinggian jalan dan beberapa pekerja masih beraktivitas di lokasi jalur tol fungsional. Dari STA 0 Kartasura dan Banyudono hingga STA 13 Karanganom jalan relatif mulus.

Namun, dari STA 13 Karanganom menuju GT Ngawen, terasa jalanan agak bergelombang dan berdebu. Beberapa bagian juga masih tahap pengerjaan menggunakan alat berat.

Macam kendaraan yang bisa lewat Tol Solo-Jogja

Lebih lanjut, hanya kendaraan golongan I atau roda empat nontruk dan nonbus yang bisa lewat tol fungsional Solo-Jogja. Pada arus mudik, 5-11 April, tol fungsional buka satu arah dari Colomadu dan Banyudono ke Klaten.

Tinggalkan Balasan