Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineJatengNews Update

Dinkes Kota Semarang Imbau Pedagang Tidak Menjajakan Chiki Ngebul

×

Dinkes Kota Semarang Imbau Pedagang Tidak Menjajakan Chiki Ngebul

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M. Abdul Hakam saat ditemui awak media di kantornya, Selasa (31/1). (Ellya - BeritaJateng.tv)

SEMARANG, 31/1 (BeritaJateng.tv) – Dinas Kesehatan Kota Semarang mengimbau para pedagang untuk tidak menjajakan “chiki ngebul”, jajanan viral yang dicelupkan ke nitrogen cair karena berdampak berbahaya bagi kesehatan.

“Januari ini, kami bareng BPOM melakukan pengawasan ‘chiki ngebul’ ini di TTU (tempat-tempat umum). Ketemu di Semarang Zoo, satu pedagang,” kata Kepala Dinkes Kota Semarang Abdul Hakam di Semarang, Selasa (31/1).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kepada pedagang yang bersangkutan, kata dia, diimbau untuk tidak menjajakan “chiki ngebul” lagi, disertai penjelasan mengenai dampak-dampak kesehatan yang bisa ditimbulkan.

“Sejauh ini, di Kota Semarang adanya orang jualan (chiki ngebul). Namun, yang sampai membawa dampak negatif, Alhamdulillah belum ada,” kata Hakam.

Menurut dia, sebenarnya bahan-bahan yang dipakai untuk pembuatan “chiki ngebul”, termasuk nitrogen cair memiliki izin, tetapi pemanfaatannya untuk makanan yang kurang tepat.

“Sebetulnya bahan-bahan yang dipakai berizin. Karena pada saat dilakukan pengawasan, izin edarnya ada, ED-nya (expired date) ada. Cuma pemanfaatannya yang kurang tepat,” katanya.

Ia menjelaskan nitrogen cair banyak digunakan dalam dunia medis, yakni untuk metode pembedahan cryosurgery sehingga tidak tepat jika diaplikasikan ke dalam pembuatan makanan.

Tinggalkan Balasan