Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineJatengNews Update

Gagal Ginjal Akut pada Anak Bisa Disembuhkan, Ini Gejalanya

×

Gagal Ginjal Akut pada Anak Bisa Disembuhkan, Ini Gejalanya

Sebarkan artikel ini
Para narasumber dalam Sosialisasi Non Perda "Waspada Obat Sirup Penyebab Gagal Ginjal" yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. (wahyu robert/beritajateng.tv)

SEMARANG, 13/11 (beritajateng.tv) – Merebaknya kasus gagal ginjal pada anak yang disebabkan obat sirup membuat masyarakat resah. Terutama bagi mereka yang memiliki balita. Sosialisasi yang gencar perlu dilakukan agar masyarakat mendapatkan informasi yang benar akan obat yang aman.

Hal tersebut menjadi bahasan dalam Sosialisasi Non Perda “Waspada Obat Sirup Penyebab Gagal Ginjal” yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Kamis (10/11/2022). Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto yang hadir secara virtual mengatakan, hal ini diperparah banyaknya informasi hoaks yang muncul di media sosial.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Pemerintah perlu proaktif mengatasi permasalahan ini. Ini penting agar keresahan tak berkepanjanan,” ujarnya dalam acara yang dimoderatori Nurkholis tersebut.

Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto hadir virtual dalam Sosialisasi Non Perda “Waspada Obat Sirup Penyebab Gagal Ginjal” yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. (wahyu robert/beritajateng.tv)

Bambang menambahkan, semua anggota DPRD Jateng aktif memantau kasus ini. Dalam setiap pertemuan dengan masyarakat, banyak yang menanyakan permasalahan tersebut. Politisi PDI Perjuangan tersebut menegaskan, penanganan kasus gagal ginjal pada anak tak bisa dilakukan secara sektoral saja. Dia meminta tokoh masyarakat dilibatkan dalam sosialisasi.

Sub Koordinator Kefarmasian dan Perbekalan Kesehatan Dinkes Kabupaten Semarang Dian Rahayu menjelaskan selama ini obat untuk anak-anak dibuat dalam bentuk sirup agar dosisnya tepat. Sebab obat yang digerus atau puyer harus ditimbang dengan tepat agar dosisnya benar. Hanya saja, ada obat yang tak bisa larut dalam air. Maka produsen menambahkan pelarut. Bahan pelarut inilah yang diduga menyebabkan gagal ginjal pada anak.

“Saat ini memang banyak obat sirup ditarik dari pasar. Namun masyarakat jangan khawatir jika anak sakit, cukup tanya apoteker minta obat yang aman,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan