Scroll Untuk Baca Artikel
Pendidikan

Hormati Lambang Garuda Sambil Lafalkan Pancasila, Cara Unik SD Negeri Pekunden Peringati Hari Lahir Pancasila

×

Hormati Lambang Garuda Sambil Lafalkan Pancasila, Cara Unik SD Negeri Pekunden Peringati Hari Lahir Pancasila

Sebarkan artikel ini
SD Pekunden
Siswa SDN Pekunden Semarang beraktivitas di sekolah. (Fadia Haris Nur Salsabila/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Berbagai cara dapat kita lakukan untuk memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada Kamis, 1 Juni 2023 kemarin. Salah satu upacara peringatan yang tidak biasa berlangsung di SD Negeri Pekunden.

Puluhan siswa SD Negeri Pekunden, Semarang terlihat antusias memperingati Hari Lahir Pancasila. Khusus pada 1 Juni kemarin, burung Garuda lambang Pancasila terpajang di gerbang masuk sekolah. Sebelum memasuki area sekolah, para siswa dan guru wajib menghormati lambang Pancasila tersebut.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Mereka tidak hanya melakukan penghormatan kepada sang Garuda. Selain itu, seluruh siswa dan guru juga mesti melafalkan kelima sila Pancasila secara lantang pada momen Hari Lahir Pancasila ini.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila di SD Negeri Pekunden berlangsung secara unik. Di mana anak masuk ke area sekolah harus menghormati burung Garuda lambang Pancasila seraya melafalkan Pancasila,” ujar Abdul Khalik, Kepala SD Negeri Pekunden.

Lebih lanjut, dengan cara yang tidak biasa ini, anak-anak harapannya mampu memaknai tiap sila Pancasila. Abdul menambahkan, Pancasila dan Kebhinekaan harus serta merta kita lestarikan kepada generasi penerus bangsa.

“Ini berlaku bagi semua warga Sekolah yang memasuki area SD Negeri Pekunden, kegiatan ini dimaksudkan menumbuhkembangkan kembali rasa nasionalisme dan cinta atas anugrah yang Allah berikan kepada Indonesia berupa Pancasila,” lanjutnya.

Tinggalkan Balasan