Scroll Untuk Baca Artikel
Jateng

Imbauan Kemnaker Soal Driver Ojol Dapat THR Dianggap Hanya Angin Kosong, Ini Alasannya

×

Imbauan Kemnaker Soal Driver Ojol Dapat THR Dianggap Hanya Angin Kosong, Ini Alasannya

Sebarkan artikel ini
driver ojol
Ilustrasi driver ojek online (ojol) (ant)

SEMARANG, beritajateng.tv – Tunjangan hari raya (THR) lebaran 2024 untuk driver ojek online (ojol) mendapat anggapan hanya sebatas ‘angin kosong’.

Hal itu tersampaikan oleh Asosiasi Driver Online (ADO) Jawa Tengah saat merespons imbauan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) kepada penyedia layanan transportasi untuk memberikan THR pada driver online.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Sekretaris ADO Jateng, Astrid Jovanca melihat THR yang aplikator berikan kemungkinan besar hanya insentif atau bonus tambahan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Alasannya, status driver ojek online bukanlah pekerja tetap, melainkan hubungan kemitraan.

Sehingga, Astrid menyebut perhitungan dan nominal THR yang driver dapatkan tentu tidak seperti para karyawan tetap perusahaan.

Alih-alih menyambut baik hal itu, Astrid mempertanyakan THR lebaran seperti apa yang Kemnaker maksudkan dalam SE tersebut.

“Itu hanya statment yang kasih angin-angin kosong. Paling THR yang dimaksud ya gitu-gitu saja, tambahan pendapatan di hari spesial (Lebaran), H-1 sampai H+1 sama seperti tahun sebelumnya. Misalnya kita mengerjakan sekian order dapat tambahan sekian,” ujar Astrid.

Kemungkinan THR driver ojol sama seperti bonus

Jika THR yang termaksud ialah insentif atau tambahan penghasilan seperti pada tahun-tahun lalu, bagi Astrid, hal itu sama saja dengan kebohongan.

“Sudah berjalan sebelumnya tahun 2017 2018, memang selalu ada (di hari lebaran). Masalahnya kalau mengandalkan bonus itu ya sama aja bohong, kita dapatnnya malah jauh dari bonus yang dikasih,” jelas dia.

Sehingga, tak mungkin bagi ojol untuk mendapatkan THR bak pegawai tetap.

“Kalau THR yang kaya dibayangkan (pekerja tetap) kayaknya tidak mungkin, THR paling cuma tambahan gitu-gitu saja, jadi di hari spesial tarifnya sekian, bonusnya tambahan sekian,” imbuh Astrid.

Tinggalkan Balasan