KONI Kota Semarang Lakukan Tes Berkala Ukur Performa Atlet PSE

Atlet Kota Semarang Ikuti Tes Berkala. /Foto: Ellya.

SEMARANG, 3/12 (BeritaJateng.tv) – Salah satu persiapan untuk menyambut Porprov Jateng 2023 dan melihat performa atlet yang tergabung dalam Program Semarang Emas (PSE), KONI Kota Semarang kembali menggelar tes berkala.

Sebanyak 750 atlet mengikuti tes rutin yang akan digelar hingga Sabtu (3/12/2022). Mereka akan menjalani empat tahap tes mulai endurance, ability, reaksi dan kekuatan otot.

Kabid Litbang KONI Semarang Teguh Santoso berharap dengan tes fisik ini kemampuan fisik semua atlet yang dipersiapkan untuk Porprov 2023 meningkat signifikan.

“Pada tes awal sebelumnya hanya 650 atlet, sekarang 750 atlet yang ikut tes. Ini karena ada beberapa atlet cabor di luar PSE pada kualifikasi lolos dan akhirnya ikut tes juga,” terang Teguh Santoso.

Dengan adanya tes ini lanjut Teguh, KONI Kota Semarang berharap performa atlet jauh lebih baik daripada sebelumnya. Pihaknya juga masih menerapkan promosi dan degradasi untuk atletnya.

“Apakah kemampuan anak-anak berkembang atau menurun. Biasanya kalau ada penurunan di cabor tentu kita harus mencari apa kendalanya.  Karena Ketum KONI Semarang berharap semua cabor dapat medali dan juara umum pada Porprov Jateng 2023,” jelasnya.

Ketua Umum KONI Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara didampingi Sekum Teguh Setyono mengatakan, tes berkala ini penting untuk melihat persiapan fisik atlet Semarang jelang Porprov 2023 mendatang.

“Tes berkala ini untuk persiapan atlet jelang Porprov Jateng 2023. Apalagi dengan hasil Pra Porprov kemarin harus dicek kembali fisiknya,” jelasnya.

Tes berkala ini juga untuk melihat fisik atlet dan pelatih. Teguh berharap di akhir tahun ini fisik atlet Kota Semarang tetap bagus dan baik.

“Kami harapkan stamina atlet tetap terjaga dan baik untuk persiapan Porprov 2023 di Pati Raya,” ujarnya.

Menurut Teguh, dalam PSE ini terdapat lini 1,2 dan 3, dengan adanya tes berkala ini apakah mereka masih bertahan di lini tersebut atau malah turun.

“Dengan adanya tes ini apakah akan terjadi perubahan lini atau tidak,” pungkas Teguh Setyono. (Ak/El)

Tinggalkan Balasan