Scroll Untuk Baca Artikel
JatengNasional

Pemkot Semarang Akan Gelar Operasi Pasar Atasi Kenaikan Harga Beras di Pasaran

×

Pemkot Semarang Akan Gelar Operasi Pasar Atasi Kenaikan Harga Beras di Pasaran

Sebarkan artikel ini
Operasi pasar
Pemkot Semarang Akan Gelar Operasi Pasar Atasi Kenaikan Beras di Pasaran

SEMARANG, beritajateng.tv – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang segera lakukan operasi pasar untuk mengatasi kenaikan harga beras dan stok terbatas di pasaran.

Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, dengan operasi pasar masyarakat bisa mendapatkan komoditas pangan itu dengan harga terjangkau.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Ya, makanya besok kami akan hitung semua. Saya rapatkan dengan teman teman, mana-mana saja yang perlu kami lakukan (operasi pasar),” kata Walikota Semarang.

Dari hasil pantauan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, kata dia, harga eceran tertinggi untuk beras kelas medium masih di Rp10.900 per kilogram. Sedangkan yang premium Rp12.600 per kg.

“Tetapi, sekarang ini sudah mulai merangkak naik,” kata Mbak Ita, sapaan akrab Hevearita, Rabu 13 September 2023.

Rencana Operasi Pasar

Untuk memfasilitasi masyarakat, ia mengatakan program Pasar Pangan Rakyat Murah dan Aman (Pak Rahman). Juga terus berjalan secara bergiliran di masing-masing wilayah.

“Pak Rahman ini tetap jalan terus ya, muter. Kamis 14 September nanti di Semarang Selatan. Jadi, siapapun yang butuh langsung kami jalankan,” katanya.

Langkah lain untuk menekan harga komoditas, kata Ita, juga dengan memberikan fasilitasi distribusi. Untuk membantu badan usaha milik petani (BUMP) agar harga beras tetap terjaga.

“Kami membantu kepada BUMP agar harga ini (beras) bisa tidak naik dengan bantuan transportasi. Kemudian, biaya ‘packaging’ sehingga naiknya tidak tinggi karena sudah kami fasilitasi distribusi itu,” katanya.

Tinggalkan Balasan