Pemkot Semarang Serahkan Hibah Ambulans dan Pendopo ‘Andaru’ Ke Lapas Kelas I Kedungpane

Penandatanganan serah terima hibah pembangunan pendopo Andaru ke Lapas Kelas I A Kedungpane Semarang. /Foto: Ellya.

SEMARANG, 16/12 (BeritaJateng.tv) – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menyerahkan hibah satu unit mobil ambulans untuk Lapas Kelas I A Kedungpane Kota Semarang. Simbolis penyerahan langsung dipimpin oleh Plt Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu di Lapas Kelas I A Kedungpane Semarang, Jumat (16/12) pagi.

Mobil ambulans itu diperuntukan dan digunakan dalam kondisi darurat maupun membawa warga binaan ke rumah sakit.

Selain menghibahkan mobil ambulans, Pemkot Semarang juga memberikan hibah pembangunan pendopo bernama Andaru di dalam lapas senilai Rp 500 juta.

Usai meresmikan pendopo Andaru dan memimpin penyerahan mobil ambulans Plt Wali Kota Semarang yang akrab disapa Mbak Ita mengatakan, bantuan tersebut merupakan bentuk dukungan ke lapas.

Mobil ambulans yang dimiliki lapas juga sudah waktunya diganti lantaran termakan usia. Mobil dalam kondisi tak layak tersebut digunakan untuk membawa warga binaan ke rumah sakit.

“90 persen dari 1.700 warga binaan di lapas ini adalah warga Kota Semarang. Jadi kewajiban Pemkot Semarang untuk membantu akses kesehatan untuk warga binaan,” Ujar Mbak Ita.

Plt Walikota Semarang Hevearita G. Rahayu menyerahkan Hibah Ambulans ke Lapas Kelas I A Kedungpane Semarang. /Foto: Ellya.

Sementara aula yang diresmikan, diterangkan Mbak Ita bisa dimanfaatkan untuk kegiatan di lapas.

Baik untuk kunjungan yang kini mulai dibuka kunjungan secara offline maupun kegiatan pembinaan.

Ia berharap berbagai upaya yang dilakukan Pemkot Semarang bersama Lapas Kelas I A bisa berdampak positif bagi warga binaan.

“Semoga saja warga binaan di lapas ini bisa menjadi insan yang lebih baik saat keluar nanti dan tidak kembali lagi ke lapas,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas I A,Tri Saptono Sambudji menuturkan, lapas memang terkendala alat transportasi saat ada warga binaan yang sakit dan hendak dibawa ke rumah sakit.

Hal itu lantaran mobil ambulans yang ada kondisinya sudah tak mumpuni untuk dioperasikan.

Bantuan mobil ambulans dari Pemkot Semarang akan sangat membantu saat warga binaan membutuhkan penanganan medis.

“Di lapas sudah ada klinik, namun saat ada warga binaan yang membutuhkan perawatan lebih intensif pastinya butuh dirujuk ke rumah sakit. Untuk itu mobil ambulans bantuan Pemkot Semarang sangat dibutuhkan,” tambahnya. (Ak/El)

Tinggalkan Balasan