Pemuda Diharapkan jadi Agen Perubahan dan Berperan dalam Pembangunan

Para narasumber dalam Focus Group Discussion (FGD) bertema "Optimalisasi Peran Pemuda dalam Pembangunan Kabupaten Semarang". (wahyu robert/beritajateng.tv)

SEMARANG, 12/9 (beritajateng.tv) – Pemuda menjadi tumpuan dan harapan bangsa. Peran pemuda sangat dibutuhkan dalam pembangunan. Bahkan, proklamator dan Presiden pertama RI, Bung Karno kerap menyebutkan akan pentingnya peran pemuda. Diantaranya melalui pernyataan “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”.

Hal tersebut mengemuka dalam Focus Group Discussion (FGD) bertema “Optimalisasi Peran Pemuda dalam Pembangunan Kabupaten Semarang” di The Wujil Resort and Convention, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jumat (9/9/2022).

Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto mengajak pemuda mengubah mindset agar memiliki jiwa wirausaha. Pasalnya, banyak diantara mereka memilih berada di zona nyaman dengan menjadi pekerja. “Menjadi pengusaha butuh ketekunan dan mental tahan banting. Maka perlu mengubah mindset agar anak muda punya kreativitas, ide usaha, serta mengasah mereka menjadi wirausaha yang mumpuni,” kata Bambang yang hadir secara virtual.

Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto hadir secara virtual dalam Focus Group Discussion (FGD) bertema “Optimalisasi Peran Pemuda dalam Pembangunan Kabupaten Semarang”. (wahyu robert/beritajateng.tv)

Dia menambahkan, banyak pemuda yang kreatif. Di usia muda mereka juga didukung akses yang mudah akan informasi sehingga bisa banyak belajar. Selain itu, para pemuda diminta mengembangkan jaringan pertemanan untuk bisa belajar satu sama lain.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Semarang, Ari Dwi Setyanto mengatakan, saat ini peran pemuda sudah tampak di semua bidang. Di bidang pertanian pun ada kelompok pemuda penggerak untuk membangkitkan kembali anak mmuda menjadi petani. Bahkan di lingkungan sosial pun muncul sukarelawan-sukarelawan untuk membantu sesama. Program pemerintah pada pemerataan guru untuk daerah pinggiran maupun tapal batas negara pun banyak diminati.

“Semangat berbakti dan mengabdi inilah yang harus selalu digelorakan,” ucapnya dalam acara yang dimoderatori Nurkholis tersebut.

Dia berharap para pemuda bisa menjadi agen perubahan. Tidak sekadar menjadi pegawai, namun benar-benar bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Sebab, yang dibutuhkan saat ini adalah pemuda yang memiliki jiwa entrepenuer.

“Saya pribadi melihat pemuda di sini sangat baik. Penanganan bencana alam juga selalu melibatkan organisasi kepemudaan. Sinerginya sudah mulai baik. Kami di DPRD Kabupaten Semarang sering mendengar penyerapan aspirasi dalam prosesnya juga melibatkan pemuda,” ungkapnya pada acara yang diikuti perwakilan dari anggota KNPI Kabupaten Semarang dan ormas pemuda tersebut.

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Semarang Bagus Suryokusumo mengatakan, peran pemuda saat ini hendaknya tak dibatasi. Bagi yang ingin mendalami jalur politik, sekarang ini partai politik telah membuka diri bahkan mempersilakan pemuda untuk bisa bersama membesarkan partai. Bahkan partai memberi kesempatan kepada yang berani mencalonkan diri maju pada pemilihan legislatif 2024.

“Di KNPI saya berharap teman-teman tidak semuanya ke jalur legislatif. Bisa ke eksekutif, KPU atau Bawaslu. Di dalam organisasi kami saja pasti ada seleksi alam dari 29 organisasi kepemudaan siapa yang eksis. Bagi yang bertahan dan terus mengembangkan diri, itulah kader terbaik,” tandasnya. (adv)

editor: ricky fitriyanto

Leave a Reply