Perhutani Sosialisasikan Agroforestie Jagung 2023 Kepada LMDH

Perhutani Sosialisasikan Agroforestie Jagung 2023 Kepada LMDH

BLORA, 26/7 (BeritaJateng.tv) – Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blora sosialisasikan Agrogorestie Jagung 2023, kepada seluruh ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di wilayah KPH Blora.

Acara digelar di ruang pertemuan KPH Blora, Selasa 26/7/2022 dengan menggandeng Kejaksaan Negeri Blora sebagai pemateri bidang hukum dan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wil 1 Kendeng Selatan sebagai pemateri Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Administratur (Adm) KPH Blora Agus Widodo mengatakan Agroforesti jagung 2023 berbeda dengan tahun sebelumnya, jadi perlu disosialisikan kepada seluruh LMDH.

“Ada kebijakan baru terhadap Agroforestie di 2023 yakni kenaikan PNBP. Jadi untuk menghindari kesalahfahaman kita sosialisasikan ke LMDH,” kata Agus, Selasa (26/7/2022).

Ditambahkan Agus, pihaknya ingin bekerja sesuai Standart Operasional Prosedur (SOP) jadi tidak asal asalan.

Dari data yang disampaikan Perhutani, target Agroforestie sudah ditentukan. Jika per Kepala Resort Pemangkuan Hutan (KRPH) sudah tercapai setoran Agro akan mendapat simbol tropy, jika belum mendapat simbol tengkorak.

“Dari 17 Mantri yang sudah setor sesuai target baru 5 KRPH, sedangkan 12 KRPH lainya belum setor, ” imbuhnya.

Kepala Seksi (Kasi) Barang Bukti dan Barang Rampasan Kejaksaan Negeri mewakili Kajari Blora Ichwan Effendi menjelaskan LMDH itu memiliki kewajiban selain menerima hak dari dana sharing produksi baik kayu maupun non kayu.

“kewajibanya secara hukum ya harus ikut membantu mengamankan hutan,” jelas Bambang.

Sedangkan dari CDK menjelaskan pula tentang kewajiban membayar PNBP yang dengan aturan baru naik dibanding tahun 2021 dan 2022. (Her/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.