Scroll Untuk Baca Artikel
Jateng

Peringatan 17 Tahun Aksi Kamisan di Semarang Usung Ajakan Golput, Korlap: Kami adalah Oposisi Permanen

×

Peringatan 17 Tahun Aksi Kamisan di Semarang Usung Ajakan Golput, Korlap: Kami adalah Oposisi Permanen

Sebarkan artikel ini
Aksi Kamisan
Suasana Aksi Kamisan ke-17 tahun di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa, 18 Januari 2024. (Made Dinda Yadnya Swari/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Tak hanya ada di depan Istana Negara, ulang tahun ke-17 “Aksi Kamisan” juga berlangsung di depan Kantor Gubernur Provinsi Jawa Tengah pada Kamis, 18 Januari 2024 sore. Puluhan orang berpakaian serta berpayung hitam terpantau mengawali aksinya pada pukul 16.15 WIB.

Sekian hari menjelang Pilpres berlangsung pada Rabu, 14 Februari 2024 mendatang, tampak foto ketiga capres, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, tertempel di gerbang Kantor Gubernur dengan wajah tercoret.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Koordinator lapangan (korlap) Aksi Kamisan, Adetya Pramandira, menegaskan, aksi Kamisan bukanlah sesuatu yang hanya muncul setiap lima tahun sekali atau jelang Pilpres semata.

“Kebetulan ini momen ulang tahun ke-17 Kamisan berdiri. Kami ambil tema ‘Kamisan Selalu Ada dari Tahun ke Tahun, tetapi Demokrasi Tetap Dikebiri, Pelanggaran Terus Terjadi’,” ujar Dira kepada awak media.

BACA JUGA: Aksi Kamisan Desak Penarikan Polisi dari Wadas

Mengusung tagline dan ajakan untuk golput sepanjang aksi, bagi Dira hal itu bukan suatu masalah jika kasus HAM tahun 1998 silam belum terungkap tuntas.

“Apalagi tagline kita ‘golput’ itu tidak apa-apa, karena anak muda ini kalau momen Pemilu selalu dicari-cari dan suaranya dibawa ke mana-mana. Seolah-olah anak muda masuk dalam gerbong ini, tetapi kawan-kawan muda Kamisan meyakini bahwa kami adalah oposisi permanen,” ujar Dita.

Tinggalkan Balasan