Pertamina EP Field Cepu dan PEPC ADK Tanam Ribuan Pohon di Blora

Penanaman Ribuan Pohon di Blora dari Pertamina. /Foto: Heri P.

BLORA, 24/11 (BeritaJateng.tv) – Sebanyak 2480 pohon ditanam di wilayah kerja PT Pertamina EP Field Cepu dan PEPC ADK bersama Pemerintah Kabupaten Blora dan masyarakat sekitar, Kamis (24/11/2022).

Asmen Petrolium Engineering PT Pertmina EP Cepu field Andes Leo Purnomo mengatakan kegiatan menanam pohon ini merupakan rangkaian dari International Convention On Indonesian Upstream Oil And Gas (IOG 2022) di Bali tanggal 23-24 November.

“Penanaman pohon ini, yang dipelopori oleh Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) atau K3S Jabanusa meruoakn rangkaian dari IOG 2022 di Bali. Kemarin itu dilaksanakan secar offline di hutan raya Bali, sekarang secara serentak secar online di wilayah kerja masing msing,” kata Andes Leo Purnomo, Kamis (24/11).

Ditambahkan Andes bahwa PT Pertamina EP Field Cepu dan PEPC ADK menanam sebanyak 2480 pohon jenis buah buahan dan trembesi.

“Kita memilih menanam pohon di wilayah kerja Distrik 2 Nglobo, desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, karena kedepanya kita akan banyak kegiatan disini. Harapanya kita ada hubungan baik dengan masyarakat, tokoh masyarakat dan Pemkab Blora,” jelasnya.

Penanam pohon ini akan dilaksanakan secara berkala dan tiap tri wulan sekali akn dipantau perkembangannya, jadi tidak asal menanam terus ditinggal begitu saja. “Kalau dari IOG sendiri, tujuanya adalah untuk penurunan gas emisi,” imbuhnya.

Penanaman pohon secara simbolis dilaksanakan disekitar kantor Distrik 2 Nglobo, bersama perwakilan SKK Migas Jabanusa, PT Pertamina EP Field Cepu, PEPC Alas Dara Kemuning (ADK), Pemkab Blora, Perhutani KPH Cepu, DLH Blora, Forkompimcam Jiken, Kepala Desa dan Tokoh masyarakat desa Nglobo.

Asisten 2 bidang Ekonomi Dan Pembangunan Setda Blora Haryanto mengapresiasi kegiatan menanam pohon ini, karena manfaat kedepanya positip sekali bagi lingkungan.

“Ini merupakan salah satu amal, pohon ditanam di uri – uri dari kecil jadi gede, mengahsilkan oksigen banyak yang diperlukan semua yang ada dilingkungan, terutama manusia. Yang kedua bisa mengurangi erosi, dan semua mahluk bisa menikmatinya,” ungkapnya.

Harapanya penanaman pohon ini tidak hanya sekedar menanam saja, harus di uri – uri pertumbuhanya dipantau secara berkala, seperti yang telah dikatakan oleh Pertamina. (Her/El)

Leave a Reply