Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineJatengNews Update

Tes CAT Perades Diduga Ada Manipulasi Nilai, Peserta Tes : Harus Diaudit, Forensik Sistem CAT

×

Tes CAT Perades Diduga Ada Manipulasi Nilai, Peserta Tes : Harus Diaudit, Forensik Sistem CAT

Sebarkan artikel ini
Pemantauan Tes CAT Perades Blora. /Foto: Heri P.

BLORA, 21/1 (BeritaJateng.tv) – Tes Computer Assisted Test (CAT) seleksi pengisian perangkat desa (Perades) di Kabupaten Blora, Jawa Tengah di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, diduga ada manipulasi nilai.

Hal ini dikatakan oleh salah satu peserta dari desa Karang, Kecamatan Bogorejo, Yuni Kartika Sari S.H, usai mengikuti tes CAT season 4 di Unidus Semarang.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“CAT Perades ini saya merasakan sediri ada kecurangan. Nilai saya itu kaya dibekukan tidak bisa naik, masa 30 terus gak naik. Soalnya pengalaman dari CPNS, itu temen saya mengalaminya, bayar nanti operatornya itu sudah memanipulasi nilainya. Jadi nilai itu sudah disetting sebelum tes,” ucap Yuni melalui telephon, Kamis (20/1) malam.

“Sebenernya ini bakalan membongkar semuanya, kalau kita menggugatnya IAN jelas. Tapi harus diaudit, harus diforensik sistem CAT nya. Harus CC nya Polda Jateng ini harusnya,” imbuhnya.

Ia menambahkan bahwa kejanggalan pertama itu saat masuk, kalau di CAT CPNS PIN sesi itu diketikan nama baru dapat PIN sesi acak.

Kalau di CAT Perades ini, peserta masuk dapat kertas sudah ada nama PIN sesinya sudah ada, paswordnya ada. Menurutnya ini sudah di setting jauh jauh hari.

Dalam penyelenggaraan tes tersebut, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang didaulat sebagai tempat pelaksanaan tes.

Pada tes di hari pertama terjadi kendala sistem yang menyebabkan ujian kembali diulang, hal itu disebabkan oleh server dari Pemerintah Daerah Kabupaten Blora mengalami masalah.

Menanggapi hal itu, Pihak dari Sekretariat daerah Kabupaten Blora, Irfan Agustian Iswandaru, AP, M.Si mengatakan bahwa terjadinya kendala teknis telah diselesaikan dengan baik dan kini telah berjalan lancar.

Tinggalkan Balasan