Tim Buser Perhutani Gagalkan Pencurian Kayu Jati

Tim Buser Perhutani Gagalkan Pencurian Kayu Jati. /Heri P.

REMBANG, 4/3 (BeritaJateng.tv) – Tim Buru sergap (Buser) Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mantingan, kembali gagalkan pencurian kayu jati ilegal dengan sepeda motor, Kamis (3/3/2022) kemarin.

Awalnya, petugas gabungan Polisi Kehutanan (Polhut) bersama anggota sub Denpom Blora, Serka Wachyu Hermawan, melakukan patroli rutin.

Sampai di petak 118e, Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Tlogo, Bagian kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Ngiri, anggota Polisi teritorial (Polter) mencurigai ada kawanan sepeda motor masuk kawasan hutan.

Petugas langsung melaporkan kepada tim buser yang kebetulan mau patroli di BKPH Ngiri dan Kalinans. Mendapatkan laporan Danru Polmob langsung menuju lokasi.

Waka Adm Dwi Anggoro Kasi mengatakan, saat itu kebetulan bersama dengan Serka Wacyu Hermawan sub denpom Blora sedang melakukan patroli rutin.

Ada sejumlah kawanan pencuri kayu menggunakan sepeda motor, yang masuk ke dalam hutan.

“Karena mencurigakan kami meminta beberapa petugas kami untuk mengintai. Ternyata benar ada delapan sepeda motor yang membawa kayu jati pacakan,” ungkap Dwi Anggota, Jumat (4/2/2022).

Melihat ada petugas, lanjut Dwi, mereka lari meninggalkan sepeda motornya dan kayu jati hasil curian.

Petugas langsung mengamankan barang bukti delapan sepeda motor, 21 batang kayu jati dan beberpa kampak yang terselip di sepeda motor.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan Polres, diduga pelaku adalah kelompoknya Jai dan kawan kawan, yang sudah masuk target tim buser,”jelasnya.

Apalagi mereka kehilangan delapan sepeda motor yang tentunya akan mencari penggantinya, ini yang harus diwaspadai.

“Kita siapkan tim yang siaga 24 jam. Untuk barang bukti kayu kami amankan di TPK, dan sepeda motor kami amankan di Kantor KPH,”pungkasnya. (Her/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.