Wabup Tri Yuli Setyowati Berharap Blora Terbebas dari Pandemi

Wabup Tri Yuli Setyowati Berharap Blora Terbebas dari Pandemi

BLORA, 30/3 (BeritaJateng.tv) – Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati berharap Kabupaten Blora, Jawa Tengah terbebas dari pandemi covid 19. Hal ini dikatakanya saat mengikuti acara Konferensi Kota Kabupaten Sehat Indonesia 2022 atau Healthy Cities Summit 2022 di Kota Semarang pada Senin (28/3/2022) kemarin.

“Dari sini kita dapat banyak pengalaman berbagai daerah dalam menjalankan pembangunan kesehatan di wilayanya masing masing. Pandemi terkendali yang berorientasi pada pembangunan kesehatan daerah yang berkesinambungan. Kita bersama Pak Bupati akan terus berkomitmen memperbaiki pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Selain itu, menuju pendemi ini akan terus kita genjot vaksinasi. Kita ingin Blora segera keluar dari pandemi. Serta program new zero stunting,” ucap Wabup Tri Yuli.

Acara Konferensi Kota Kabupaten Sehat Indonesia 2022 atau Healthy Cities Summit 2022 di Kota Semaran ini, bertempat di Gedung Rama Shinta Patra Jasa Semarang.

Acara dibuka oleh Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin secara daring dan diikuti oleh perwakilan Kementerian terkait dan seluruh Kepala Daerah (Kota/Kabupaten) se Indonesia secara luring.

Tampak hadir Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, SH., M.IP., Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto, selaku Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), dan Walikota Semarang, Hendrar Pribadi selaku tuan rumah event.

Wapres Ma’ruf Amin, dalam sambutan pembukaan nya mengapresiasi terselenggaranya acara Summit Kota Kabupaten Sehat Indonesia 2022 yang dilaksanakan di Semarang.

“Pembangunan daerah saat ini jangan hanya berorientasi pada infrastruktur saja, namun juga kesehatan. Terimakasih atas partisipasi Pemerintah Daerah yang telah menjadikan sektor kesehatan menjadi sasaran utama pembangunan. Visi besar pembangunan kota kabupaten sehat butuh dukungan sinergi antar stakeholder secara berkesinambungan. Harapannya ketika kota sehat aman nyaman akan menyejahterakan masyarakat, ini adalah visi besar yang harus dilaksanakan seluruh pemerintah daerah,” ucap Wapres Ma’ruf Amin.

Sementara itu, Gubernur Ganjar Pranowo dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini kesehatan menjadi hal yang krusial, yang harus dapat perhatian besar pemerintah dalam mewujudkan pembangunan.

“Di Jawa Tengah sendiri akibat pandemi, tahun 2021 angka kematian ibu (AKI) meningkat. Setelah saya cek ke Dinas ternyata kasus meninggal terjadi bukan karena melahirkan namun karena terkena Covid-19 saat hamil. Hal ini menandakan bahwa kita juga harus berubah dalam menyikapi perkembangan ini. Maka merencanakan Kota atau Kabupaten yang sehat sangatlah penting,” ujar Gubernur.

“Sudah dua tahun kita diberikan pengalaman yang sangat berharga dalam menghadapi yang namanya Covid-19. Semoga ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua tentang pentingnya membangun pelayanan kesehatan yang baik. Selamat mengikuti healthy cities summit, semoga banyak ilmu yang diperoleh selama acara berlangsung hingga besok (hari ini-red),” tambahnya.

Ikut hadir mendampingi Wakil Bupati adalah Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora, Edi Widayat, S.Pd., M.Kes., MH.
Usai pembukaan,acara dirangkaikan dengan expo dan sejumlah seminar kesehatan dengan narasumber Walikota Surakarta, Walikota Bogor, dan Walikota Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.