Scroll Untuk Baca Artikel
Nasional

Waduh! Jelang Lebaran Minat Pinjol Meningkat, Apa Penyebabnya?

×

Waduh! Jelang Lebaran Minat Pinjol Meningkat, Apa Penyebabnya?

Sebarkan artikel ini
pinjol
Ilustrasi pinjol. (Pexels/{Pixabay)

SEMARANG, beritajateng.tv – Pakar Ekonomi Universitas Diponegoro (Undip), Nugroho Sumarjiyanto Benedictus Maria menghimbau masyarakat agar tidak tergoda pinjaman online (pinjol). Pasalnya, menjelang lebaran, minat masyarakat terhadap pinjol justru semakin meningkat.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebelumnya mencatat kredit pinjol per Februari 2024 menembus Rp 61,1 triliun. Angka tersebut naik 21,98 persen jelang lebaran.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Konsumsi masyarakat selama Ramadhan dan juga menjelang lebaran memang meningkat, yang bahaya kalau pinjaman online itu adalah ilegal dengan bunga yang tinggi,” kata Guru Besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip itu saat beritajateng.tv hubungi, Rabu, 3 April 2024.

Nugroho menjelaskan, terdapat beberapa pola kenaikan konsumsi masyarakat, baik selama Ramadhan maupun menjelang lebaran. Yang pertama ialah di bidang kuliner atau bahan pokok.

BACA JUGA: Apa Penyebab Maraknya Pinjol di Dunia Pendidikan? Ini Kata Pakar

Menurutnya, konsumsi masyarakat terhadap makanan dan minuman sangat meningkat selama bulan Ramadhan. Hal itu karena terdapat kecenderungan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang lebih banyak dari biasanya saat berbuka maupun sahur.

“Ini juga salah satu sebab harga bahan pokok naik, di samping juga ada pedagang yang mengambil kesempatan untuk menaikkan harga,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan