Walikota Kawal Penyaluran BLT BBM di Kota Semarang

Walikota Kawal Penyaluran BLT BBM di Kota Semarang

Semarang, 15/9 (BeritaJateng.tv) – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi kembali menegaskan jika pihaknya akan terus mengawal penyaluran Bantuan Langsung Tunai atau BLT BBM di wilayah yang dipimpinnya agar tepat sasaran.

Hal itu diungkapkan Hendi, sapaan akrab Walikota Semarang, di sela-sela kegiatannya meninjau penyaluran BLT BBM di Kantor Pos Erlangga, Kota Semarang, Kamis (15/9).

Dalam kesempatan tersebut Hendi menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat RI, terkhusus Presiden RI, Joko Widodo, yang terus memberikan perhatian khususnya kepada masyarakat di Kota Semarang.

Dirinya juga meyakinkan bahwa amanah untuk menyalurkan BLT BBM kepada masyarakat akan benar – benar dijaga olehnya.

“Bantuan ini akan disalurkan kepada 47.221 masyarakat Kota Semarang melalui Kantor Pos dan masing-masing Kecamatan di daerah-daerah yang telah diamanahkan,” terang Hendi.

“Masing-masing penerima bantuan menerima sebesar lima ratus ribu rupiah. Di mana penyaluran BLT ini akan disalurkan melalui Kantor PT. Pos Cabang Utama Kota Semarang dan beberapa kecamatan,” imbuhnya.

Bantuan ini diberikan oleh Pemerintah Pusat yang mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) tahap I & BPNT bulan September 2022 Kota Semarang bagi keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Semarang.

“Target penyaluran terus berkembang. Penyaluran awal telah dimulai pada tanggal 1 September lalu, sisanya menunggu informasi dari Kementerian Sosial,” ungkapnya.

Adapun bantuan yang diberikan terdapat dua jenis, yaitu BLT BBM dan BPNT. Untuk BLT BBM sebesar Rp 300.000,- untuk bulan September dan Oktober, dan BPNT bulan September 2022 sebesar Rp 200.000,-, sehingga total total bantuan sosial yang diberikan untuk setiap orang sebesar Rp 500.000,-

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Semarang, Heroe Soekendar menyampaikan, untuk penyaluran BLT BBM sudah disalurkan secara Nasional pada 1 September 2022. Menurutnya dengan adanya bantuan ini, harapannya masyarakat yang saat ini terdampak kenaikan BBM bisa terbantukan.

Benny, salah seorang warga penerima manfaat BLT BBM tersebut mengungkapkan kegembiraannya dan mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi, Hendi dan Krisseptiana. “Terima kasih pak Jokowi, pak Hendi dan Ibu Krisseptiana atas bantuan BLT yang telah diberikan,” ujarnya.

Kementerian Sosial menyatakan bahwa BLT BBM akan disalurkan kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Anggaran untuk BLT BBM 2022 yang disalurkan kepada masyarakat Indonesia yaitu sebesar Rp 12,4 triliun. (Ak/El)

Leave a Reply