Bank Jateng Luncurkan Kredit Murah Khusus UMKM dan Pedagang Pasar

Peluncuran program Kredit Lapak Bank Jateng dengan suku bunga rendah setara 2 persen. (Bank Jateng)

SOLO, 10/9 (beritajateng.tv) – Bank Jateng meluncurkan program Kredit Lapak dengan suku bunga rendah setara 2 persen. Program ini dikhususkan untuk para pedagang pasar tradisional.

Peluncuran dilakukan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di kantor cabang Solo, Jumat (9/9/2022). Secara simbolis, peluncuran ditandai dengan penandatanganan perjanjian kredit oleh debitur se-Jawa Tengah.

Selain program Kredit Lapak, Bank Jateng juga meluncurkan program Kredit Mitra Jateng 25 dengan suku bunga 3 persen khusus untuk usaha kecil dan mikro (UKM). Kedua program tersebut menyediakan plafon maksimal Rp 25 juta dan dapat dicicil hingga 3 tahun.

Ganjar mengatakan program ini merupakan bentuk kehadiran Bank Jateng untuk masyarakat kecil. Dia berharap program ini bisa membantu masyarakat di dalam situasi sulit.

“Kita senang karena dalam situasi yang cukup tidak mudah, hari ini masyarakat masih merespons kenaikan harga BBM dan Bank Jateng melakukan respons untuk usaha kecil menengah. Satu adalah Kredit Lapak, mudah, murah, terimanya utuh, suku bunga 2 persen,” katanya.

Menurutnya, Bank Jateng menyalurkan lebih dari Rp 6 miliar untuk program ini. Dia pun mengapresiasi langkah Bank Jateng tersebut.

“Tadi tanda tangan angkanya lebih dari Rp 6 miliar. Maka Bank Jateng, kami mengapresiasi karena di situasi yang sulit ini ikut berkontribusi menyelesaikan permasalahan itu sehingga masyarakat dalam akses permodalan dimudahkan,” kata dia.

Sementara itu, Dirut Bank Jateng, Supriyatno, mengatakan ada sekitar 26 ribu pedagang pasar tradisional dan UKM yang mendapatkan manfaat tersebut. Dia pun menyebut syarat untuk mengikuti program kredit ini sangat mudah.

“Syaratnya yang penting punya usaha, tanpa agunan, langsung bisa kredit,” kata Supriyatno.

Menurutnya, program kredit Bank Jateng tahun 2016 sudah pernah mendapatkan penghargaan oleh Presiden Joko Widodo. Saat itu Bank Jateng dapat memberikan suku bunga terendah.

“Dulu produk Kredit Mitra Jateng 25 ini mendapat penghargaan dari Presiden Joko Widodo karena saat itu suku bunganya hanya 7 persen, sementara yang lain masih 9 persen. Sekarang masih kami potong lagi menjadi 3 persen,” katanya. (*)

editor: ricky fitriyanto

Leave a Reply