Scroll Untuk Baca Artikel
Politik

Banyak dari Pulau Jawa, Ini 10 Besar Caleg DPD RI Suara Terbanyak Nasional, Taj Yasin Memimpin

×

Banyak dari Pulau Jawa, Ini 10 Besar Caleg DPD RI Suara Terbanyak Nasional, Taj Yasin Memimpin

Sebarkan artikel ini
DPD RI Jateng
Gus Yasin dan Casytha Ariwi Kathmandu maju dalam Pemilihan DPD RI WIlayah Jawa Tengah. (Made Dinda Yadnya Swari/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Berdasarkan data sementara real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, publik bisa melihat siapa saja caleg DPD RI dengan perolehan suara terbanyak se-Indonesia.

Ternyata, 10 caleg DPD RI dengan dukungan terbanyak berasal dari Pulau Jawa. Tentu ini lantaran Pulau Jawa merupakan daerah dengan pemilih terbanyak sesuai data KPU.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Menurut data KPU mutakhir tertanggal Kamis, 29 Februari 2024 pukul 23.00, suara terbanyak calon senator diraih Taj Yasin Maimoen, caleg Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah.

Ia bahkan mengalahkan Alfiansyah Komeng yang beberapa waktu yang lalu sempat viral. Taj Yasin yang merupakan putra ulama kharismatik KH Maimoen Zubair dan Wakil Gubernur Jawa Tengah (2018–2023) ini telah mengumpulkan 2.946.841 suara, unggul di Dapilnya.

Di urutan kedua suara terbanyak di Dapil Jawa Tengah maupun nasional, ada Casytha Arriwi Kathmandu, petahana dengan 2.729.028 suara.

BACA JUGA: Real Count Pemilu DPD RI Wilayah Jateng: Suara Gus Yasin dan Casytha Putri Bambang Pacul Teratas

Komedian Komeng duduki posisi ketiga caleg DPD RI suara terbanyak

Pada urutan ketiga ada Alfiansyah Komeng, caleg dari Dapil Jawa Barat dengan 2.710.081 suara. Komeng sempat viral karena fotonya di kertas suara berbeda dari yang lain.

Kemudian, di urutan keempat secara nasional, ada AA La Nyalla Mahmud Mattaliti caleg dengan dukungan tertinggi di Dapil Jawa Timur. Ketua DPD RI masa jabatan 2019-2024 itu meraih 2.191.668 suara.

Sementara di posisi kelima ada Kondang Kusumaning Ayu, caleg dari Dapil Jawa Timur yang mendapat 1.964.068 suara.

Tinggalkan Balasan