Scroll Untuk Baca Artikel
Ekbis

Beda Pendapat dengan Sandiaga Uno Soal TikTok Shop, Menkop UKM Teten Masduki: Pasar Offline Bisa Mati

×

Beda Pendapat dengan Sandiaga Uno Soal TikTok Shop, Menkop UKM Teten Masduki: Pasar Offline Bisa Mati

Sebarkan artikel ini
Hari UMKM Nasional | TikTok Shop
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Republik Indonesia, Teten Masduki (ketiga kiri) didampingi oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (keempat kiri) bersama Presiden E-Commerce GoTo (Tokopedia), Melissa Siska Juminto (kedua kanan), Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni (kedua kiri) dan Direktur Head of External Affairs GoTo, Nila Marita (kanan) berfoto bersama menunjukkan produk unggulan di Hari UMKM Nasional dan live shopping Tokopedia di Pura Mangkunegaran Solo, Minggu, 12 Agustus 2023. (Ellya/beritajateng.tv)

JAKARTA, beritajateng.tv – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mendukung eksistensi TikTok Shop di Indonesia. Namun, hal tersebut berbeda dengan pandangan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki yang kerap memprotes aplikasi asal Cina ini.

“Ini akibat kita belum memiliki strategi nasional transformasi digital dan belum memiliki badan yang mengatur itu, maka para menteri gak ada acuan. Padahal transformasi digital melibatkan banyak aspek,” kata Teten, Sabtu, 16 September 2023.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Pandangan Teten Masduki ini utamanya berkaitan dengan dampak TikTok Shop terhadap pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Menurutnya, TikTok Shop telah menghancurkan sebagian pasar offline lantaran produk impor yang para penjual jajakan di platform ini sering kali lebih murah.

BACA JUGA: Larang TikTok Shop di Indonesia, Pengamat Ekonomi Dukung Perencanaan Satgas Transformasi Digital

“Pasar offline seperti Tanah Abang mati. Produk UMKM di online gak bisa bersaing dengan produk impor. 80% penjual atau seller di online menjual produk impor terutama dari Cina,” ujar Teten.

Tinggalkan Balasan