Blora Terima IGA Award 2022 dari Kemendagri Sebagai Kabupaten Sangat Inovatif

Penganugerahan Inovative Government Award (IGA) 2022. /Foto: Heri P.

BLORA, 23/12 (BeritaJateng.tv) – Kabupaten Blora berhasil menorehkan prestasi di tingkat nasional. Yakni menerima Innovative Government Award ( IGA ) 2022 dari Kementerian Dalam Negeri sebagai Kabupaten Sangat Inovatif.

Penghargaan diterima oleh Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta, Jumat (23/12/2022). Acara itu dihadiri Menteri Dalam Negeri, M Tito Karnavian.

Tidak hanya Blora saja, ada beberapa Kabupaten lain yang juga menerima Predikat Kabupaten Sangat Inovatif di ajang IGA Award tahun 2022 ini. Diantaranya Sampang, Lampung Barat, Malang, Pesawaran, Sumedang, Tegal, Bantul, Bangka, Aceh Jaya dan Sidoarjo.

“Selamat kepada rekan-rekan kepala daerah yang mendapatkan award. Berkat kerja keras yang luar biasa, kami perlu hargai. Kami usulkan yang berprestasi bisa dapat dana insentif daerah dari Kemenkeu. Kemudian bagi yang belum beruntung, kami harapkan acara ini bisa memotivasi untuk terus berinovasi,” ucap Mandagri Tito.

Dengan penghargaan ini, Mendagri berharap dapat menjadi acuan bagi masyarakat dalam menilai kinerja para pimpinan daerah.

“Masyarakat dapat melihat siapa pemimpin yang baik, yang bagus, dan siap memimpin, dan mana saja yang hanya bekerja rutinitas saja,” tegasnya.

Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., merasa bersyukur akhirnya Blora memperoleh predikat Kabupaten Sangat Inovatif dari IGA Award 2022 Kementerian Dalam Negeri.

“Ini adalah prestasi atas kerja bersama dalam semangat Sesarengan mBangun Blora. Semoga kedepan menjadikan Blora lebih baik lagi,” ucap Mbak Etik, sapaan akrabnya.

Ucapan Syukur

Terpisah, Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., saat dihubungi Jumat (23/12/2022) siang, menyampaikan syukur dan terimakasih kepada seluruh jajaran Pemkab Blora yang telah bersama-sama bekerja keras menciptakan inovasi pelayanan dan pembangunan daerah.

“ Alhamdulillah… Jum’at Berkah. Di penghujung 2022 ini Blora kembali menerima penghargaan tingkat nasional dari Kementerian Dalam Negeri sebagai Kabupaten Sangat Inovatif di acara Innovative Goverment Award (IGA) 2022 yang hari ini diterima Bu Wakil Bupati,” ucap Bupati.

Menurutnya, penghargaan tersebut untuk seluruh jajaran Pemkab Blora dan seluruh masyarakat Blora. Diharapkan akan mampu menjadi penyemangat yang lebih baik lagi. Masih banyak yang harus dievaluasi dan ditingkatkan kembali.

Bupati Arief menyampaikan, setiap Dinas atau organisasi perangkat daerah mulai tahun lalu diwajibkan melaporkan inovasi pelayanan dan program inovasi pembangunan ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

“Banyak inovasi yang telah dilaporkan dan dinilai tim dari Kemedagri. Jumlahnya ratusan, mulai inovasi di MPP, inovasi pelayanan di Dinas Kesehatan, RSUD, Dindukcapil, Puskesmas, dan lain sebagainya. Saya kurang hafal jumlah pastinya, data ada di Bappeda. Kita tekankan kepada seluruh jajaran bahwa inovasi tidak boleh berhenti, seiring dengan perkembangan teknologi. Semangat Sesarengan mBangun Blora Berkelanjutan,” pungkas Bupati. (Her/El)

Tinggalkan Balasan