Scroll Untuk Baca Artikel
Gaya Hidup

7 Cara Ngecas HP yang Benar dan Aman, Bikin Baterai Smartphonemu Tetap Awet!

×

7 Cara Ngecas HP yang Benar dan Aman, Bikin Baterai Smartphonemu Tetap Awet!

Sebarkan artikel ini
ngecas hp yang benar
Ilustrasi. Cara ngecas hp yang benar perlu kita perhatikan agar hp kita tetap awet dan baterainya tidak mudah ngedrop, berikut ini sejumlah tipsnya. (Foto: Freepik)

SEMARANG, beritajateng.tv – Cara ngecas hp yang benar menjadi salah satu yang harus pengguna smartphone perhatikan agar ponselnya tetap berfungsi dengan baik. Sebab, bila keliru, akan berpengaruh pada kinerja baterai hp tersebut.

Namun, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar proses ngecas hp yang benar berjalan cepat dan aman. Baik soal charger yang kita gunakan, apa yang harus kita lakukan saat mengecas hp, hingga lama waktu pengisian.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Berikut ini adalah sejumlah cara ngecas hp yang benar agar dapat membantu Anda mengisi baterai smartphone dengan efisien. Catat baik-baik, ya!

Cara Ngecas HP yang Benar dan Aman

1. Gunakan Charger Asli atau Berkualitas Bagus
Penting untuk menggunakan charger asli yang disertakan saat Anda membeli smartphone baru. Charger asli dirancang khusus untuk perangkat Anda dan memiliki tingkat daya yang tepat untuk mengisi baterai dengan aman.

Jika Anda membutuhkan charger tambahan, pastikan untuk memilih charger yang berkualitas tinggi dan kompatibel dengan ponsel Anda. Hindari menggunakan charger palsu atau charger yang tidak terpercaya karena dapat merusak baterai dan bahkan memicu risiko kebakaran.

2. Hindari Pengisian Baterai dengan Daya Rendah
Sebaiknya hindari penggunaan smartphone hingga baterai benar-benar habis sebelum mengisi ulang. Sebaliknya, sebaiknya mengisi baterai ketika daya baterai masih tersisa sekitar 20-30%. Mengisi baterai pada level ini akan membantu mempertahankan masa pakai baterai yang lebih lama.

BACA JUGA: Rekomendasi 4 HP Android dengan Kapasitas Baterai Jumbo, Sehari Cukup Ngecas Sekali!

3. Jangan Mengisi Baterai Terlalu Lama
Meskipun terdapat pilihan “overnight charging” pada beberapa smartphone, sebaiknya hindari mengisi baterai semalaman. Mengisi baterai terlalu lama dapat menyebabkan panas berlebih pada baterai dan mempengaruhi masa pakai baterai secara keseluruhan. Setelah baterai mencapai level 100%, segera cabut pengisi daya dari ponsel.

4. Jangan Gunakan Smartphone Saat Dalam Pengisian Daya
Meskipun frustasi jika harus melepaskan smartphone dari penggunaan saat proses pengisian daya, sebaiknya hindari menggunakan ponsel saat dalam pengisian.

Tinggalkan Balasan