Cegah Anemia dengan Deteksi Dini Kebutuhan Zat Besi

Cegah Anemia dengan Deteksi Dini

SEMARANG, 12/9 (BeritaJateng.tv) – Anemia (kurang darah) dapat dicegah dengan peningkatan status gizi dan deteksi dini akan kebutuhan zat besi. Hal itu ditegaskan Prof. Dr. dr. Banundari Rachmawati, SpPK(K) pada acara Skrining Anemia pada Anak dan Remaja di Panti Asuhan At Taqwa. Kecamatan Tembalang, Sabtu (10/9).

“Acara ini digelar oleh Bagian Patologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro bekerja sama dengan IKA Medica (Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Undip). Lewat kegiatan ini kami berupaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya mengetahui status anemia pada anak dan remaja,” terangnya.

Acara diawali dengan penyampaian materi tentang anemia oleh Dr. dr. Meita Hendrianingtyas, MSi.Med, SpPK(K).

Setelah itu diikuti pemeriksaan kadar Hemoglobin darah dan golongan darah yang diikuti oleh semua anak dan remaja di Panti Asuhan At Taqwa. Kemudian dikuti dengan pemeriksaan lanjutan pada kelompok anak anemia untuk menentukan penyebab anemia.

Hadir pada kegiatan yang juga rangkaian untuk memeriahkan Dies Natalis FK Undip itu yakni Kepala Bagian Patologi Klinik FK Undip dr. Dwi Retnoningrum, Sp.PK(K), Ketua Program Studi Patologi Klinik FK Undip Dr. dr. Nyoman Suci W, M.Kes., Sp.PK (K) serta dosen patologi Klinik FK Undip Dr. dr. Indranila KS, Sp.PK (K), Dr. dr. I. Edward KSL, MM, M.H.Kes.,M.Si.Med., Sp.PK(K), dr. Ariosta Sp.PK (K), Rizky Dyaz Afriana, AMd, dan Davina Kemala, SE sebagai panitia. (Ak/El)

Leave a Reply