Scroll Untuk Baca Artikel
Cek Fakta

CEK FAKTA: Cak Imin Klaim Ada 16 Juta Petani Gurem, Cuma Punya Tanah Setengah Hektar, Betulkah?

×

CEK FAKTA: Cak Imin Klaim Ada 16 Juta Petani Gurem, Cuma Punya Tanah Setengah Hektar, Betulkah?

Sebarkan artikel ini
jumlah petani gurem
Calon wakil presiden nomor urut 01, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), saat menyampaikan pendapatnya dalam debat keempat capres Pemilu 2024, Minggu, 21 Januari 2024. (Foto: YouTube/KPU RI)

SEMARANG, beritajateng.tv – Dalam debat Capres keempat, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengungkapkan hasil sensus BPS pertanian yang menunjukkan bahwa dalam sepuluh tahun terakhir, jumlah rumah tangga petani gurem telah meningkat hingga hampir 3 juta.

“Hari ini kita menyaksikan bahwa hasil sensus BPS pertanian kita bahwa sepuluh tahun terakhir ini telah terjadi jumlah petani rumah tangga gurem, rumah tangga petani gurem berjumlah hampir 3 juta. Ini artinya 16 juta rumah tangga petani hanya memiliki tanah setengah hektar. Sementara ada seseorang yang memiliki tanah 500 ribu hektar sebagai kekuasaan yang diberikan negara kepadanya,” ujar Muhaimin saat debat keempat di Jakarta Convention Center, Minggu, 21 Januari 2024.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Hasil pemeriksaan fakta mengacu pada data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023 yang mencatat adanya 17.248.181 petani gurem. BPS mendefinisikan petani gurem sebagai perseorangan atau keluarganya yang terlibat dalam usaha pertanian dengan penguasaan lahan kurang dari 0,5 hektar.

BACA JUGA: CEK FAKTA: Gibran Klaim Cadangan Nikel Indonesia Terbesar di Dunia, Benar Urutan Teratas?

Secara rinci, Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat menjadi wilayah dengan jumlah petani gurem terbanyak, masing-masing mencapai 4,48 juta orang, 3,47 juta orang, dan 2,55 juta orang.

Tinggalkan Balasan