Dewan Tinjau Labkesda Semarang, Rencana Bakal Diproyeksikan Jadi BLUD

Komisi D DPRD Kota Semarang Tinjau Labkesda Kota Semarang

SEMARANG, 27/9 (BeritaJateng.tv) – Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) kota semarang, diproyeksikan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Untuk itu, DPRD Kota Semarang terus menggenjot peningkatan layanan yang ada di Labkesda.

Bahkan Labkesda diminta bisa bersaing dalam hal pelayanan dengan laboratorium milik swasta.

“Labkesda bisa jadi backup puskesmas yang ada di Kota Semarang, karena puskemas butuh alat yang memadai untuk melakukan cek laboratorium,” kata Sekertaris Komisi D DPRD Kota Semarang Anang Budi Utomo, saat melakukan tinjauan ke Labkesda Kota Semarang, Selasa (27/9/2022).

Percepatan layanan laboratorium, dijelaskannya menjadi hal wajib sebelum Labkesda Kota Semarang jadi BLUD.

“Biaya laboratorium swasta pastinya mahal, adanya Labkesda kami harap bisa memberikan layanan cek laboratorium yang murah dan cepat untuk masyarakat,” ucapnya.

Tak hanya mendorong layanan kesehatan terjangkau dan cepat untuk masyarakat, Anang meminta layanan Labkesda Kota Semarang bisa diakses secara online.

“Hal itu akan memudahkan, untuk mendapatkan hasil lab tinggal mengakses secara online. Kami ingin Labkesda Kota Semarang bisa setara, bahkan diatas layanan laboratorium milik swasta dan jadi rujukan bagi layanan kesehatan di Kota Semarang,” jelasnya.

Anang mengatakan, berbagai layanan tersebut disiapkan agar Labkesda Kota Semarang menjadi BLUD pada 2023.

“Untuk itu akhir tahun nanti kami ingin mendengar jajak pendapat dari Labkesda, apa saja yang dibutuhkan sebelum menjadi BLUD,” imbuhnya. (Ak/El)

Leave a Reply