Distaru Demak Perlu Pembenahan Maksimal Antisipasi Alih Fungsi Lahan

Demak, 12/10 (BeritaJateng.tv) – Bupati Demak Eistianah bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Demak Sugiarto, menggelar kegiatan rapat koordinasi penataan ruang bersama Forum tata ruang dari berbagai elemen masyarakat, Akademisi dan OPD di Pemkab Demak.

Hal ini menindaklanjuti banyaknya pengaduan dari masyarakat terkait alih fungsi lahan dan tata ruang lahan di kabupaten Demak.

Kepala dinas Pekerjaan Umum Demak, Sugiarto menjelaskan kegiatan tersebut sengaja dilaksanakan guna mencari solusi bersama dalam mengatasi persoalan tata ruang seperti Lahan Sawah Dilindungi (LSD) hingga perubahan tata ruang yang tidak sesuai peruntukannya.

” Kita rapatkan barisan bersama dengan berbagai elemen masyarakat yang serius dan peduli akan tata ruang di kabupaten Demak supaya lebih tertata dengan baik,” tutur Sugiarto.

Dalam pertemuan tersebut, lanjut Kepala PU Demak, memfokuskan pada persoalan perijinan yang mendasar dimana hal tersebut merupakan awal dari persoalan tersebut muncul yaitu ijin Rencana Tataruang dan Rencana Wilayah (RTRW).

” Sejauh ini LSD yang paling banyak mendapatkan aduan di masyarakat dan perusahaan, maka dari itu kita rapatkan bersama agar nantinya muncul solusi yang tidak membebankan pihak manapun,” ucap Sugiarto.

Sementara itu menurut Bupati Eistianah mengatakan, jika rakor tata ruang seperti ini seharusnya bisa diagendakan setiap bulannya, mengingat banyaknya aduan dari masyarakat terkait Tataruang di kabupaten Demak masih terbilang belum tertata dengan baik.

” Rakor forum seperti ini bisa diselenggarakan secara rutin,
Bila memungkinkan malah setiap hari apalagi jika memang kondisinya urgent dan pengerjaannya harus segera dilakukan,” ujar Bupati Demak.

Dalam forum tersebut Eistianah sedikit mengomentari Kantor pertanahan agar untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah agar menyamakan persepsi atau tujuan bersama.

” Harapannya kegiatan ini menjadi hal yang lebih baik lagi untuk kabupaten Demak, agar kita bisa memperbaiki kesalahan dan berbenah membangun tata ruang Kabupaten Demak menjadi lebih baik,” pungkas Bupati. (BW/El)

 

Leave a Reply