Scroll Untuk Baca Artikel
Politik

Duh, 26 TPS di Jateng Diprediksi Pemungutan Suara Ulang, Bawaslu Jateng Soroti Kesalahan KPPS

×

Duh, 26 TPS di Jateng Diprediksi Pemungutan Suara Ulang, Bawaslu Jateng Soroti Kesalahan KPPS

Sebarkan artikel ini
sosiawan
Koordinator Divisi (Kordiv) Humas dan Data Bawaslu Jawa Tengah, Sosiawan saat ditemui di kantornya, Jum’at 16 Februari 2024. (Made Dinda Yadnya Swari/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merekomendasikan 26 TPS di 13 kabupaten/kota se-Jateng lakukan pemungutan suara ulang (PSU) imbas adanya dugaan pelanggaran.

Koordinator Divisi (Kordiv) Humas dan Data Bawaslu Jawa Tengah, Sosiawan merinci 13 kabupaten/kota tersebut. Menurut keterangannya, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Rembang menjadi wilayah terbanyak dengan rekomendasi PSU masing-masing di 4 (empat) TPS.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Sementara ada juga di Purworejo, Kebumen, Jepara, Kota Tegal, Tegal, Purbalingga, Sragen, Sukoharjo, masing-masing ada 1 (satu) TPS yang direkomendasikan untuk PSU. Di Wonosobo ada 2 (dua) TPS, jadi total ada 26 TPS,” ungkapnya.

Sebanyak 26 TPS itu, lanjut Sosiawan, Bawaslu rekomendasikan untuk lakukan PSU dengan alasan temuan dan laporan yang terbukti salah.

“Dari fakta-fakta, kejadian-kejadian, laporan-laporan tersebut memang terdapat kesalahan-kesalahan, pelanggaran-pelanggaran atau ketidak profesionalan KPPS di TPS yang kami rekomendasikan untuk melakukan PSU itu,” sambung Sosiawan.

Perihal kesalahan KPPS secara spesifik, Sosiawan mengungkap salah satunya ialah mereka membiarkan orang memilih di TPS yang tak sesuai dengan domisili e-KTP-nya, yang mana orang tersebut tak mengurus pindah pemilih.

“Ada misalnya seorang pemilih atau beberapa pemilih dari luar kota, datang ke TPS memaksa KPPS layani menggunakan hak pilihnya, padahal dia belum masuk dalam DPTb (daftar pemilih tambahan), itu tetap mereka layani, mereka berikan kartu. Ini jelas sebuah kesalahan,” tegas Sosiawan.

BACA JUGA: Sejumlah Petugas KPPS di Blora Jatuh Sakit

Tak hanya itu, pemilih luar domisili tersebut juga bermasalah dengan jumlah surat suara yang mereka terima.

Tinggalkan Balasan