Jam Operasional Museum Lawang Sewu Semarang Ditambah, Cek Selengkapnya Disini

Para wisatawan berfoto bersama di Museum Lawang Sewu Semarang.

Jakarta, 19/12 (BeritaJateng.tv) – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) Historic Building (Museum Lawang Sewu) tetap melayani para pengunjung yang akan berlibur dan berkunjung ke Museum Lawang Sewu Semarang.

Humas PT KA Pariwisata M. Ilud. Siregar mengatakan, untuk menghadapi liburan di masa Natal dan Tahun Baru (Nataru) Historic Building Lawang Sewu akan mempersiapkan berbagai wahana dan kegiatan di lawang sewu.

Kegiatan tersebut meliputi Wahana sewa kostum (Belanda, Jepang, Jawa, dan Pirates), Wahana Scooter Electric, Merchandise shop Laseko, Cafe Angkringan dan stand UMKM, Live Music Akustic dan tambahan Wahana Video 360⁰.

Menurut Ilud, berbagai penambahan wahana dan layanan dilakukan guna meningkatkan daya tarik wisata dan memberikan nilai tambah yang positif dalam peningkatan layanan dan fasilitas pendukung di Historic Building Lawang Sewu.

“Itu juga untuk menunjang kebutuhan pengunjung serta memenuhi kebutuhan akan makanan dan minuman, oleh-oleh dan/atau cindera mata selama berada di Historic Building Lawang Sewu. Sehingga dengan sajian layanan wahana yang diberikan akan memberikan dan meningkatkan daya tarik bagi kunjungan wisata di Historic Building Lawang Sewu, ” ujar Ilud.

Ada penambahan jam kunjungan pada libur Nataru. Jika pada hari biasa Museum Lawang Sewu khusunya pada masa weekday maupun weekend serta liburan Nasional, bisa dikunjungi pada jam operasi dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB di hari Normal dan di hari Libur jam operasional dimulai pada pukul 08.00 wib sampai dengan pukul 20.00 wib.

Ilud menyebut, khusus untuk dimasa Nataru (Natal dan Tahun Baru) akan ada jam operasional tambahan waktu saat berkunjung maupun akhir kunjungan di Museum Lawang Sewu pada tanggal 23 Desember 2022 di mulai pada pukul 07:00 Wib s.d 20:00 Wib.

Sedangkan tanggal 24 dan 25 Desember akan dimulai pada pukul 07:00 Wib hingga 21:00 Wib.

Pada tanggal 26 hingga 30 Desember 2022 operasional akan dimulai pada pukul 07:00 Wib s.d 20:00 Wib. Sedangkan tanggal 31 Desember 2022 s.d 01 Januari 2023 dimulai pada pukul 07:00 Wib s.d 21:00 wib.

Pengunjung museum Lawang Sewu wajib vaksin minimal dosis 1, scan barcode PeduliLindungi di pintu masuk museum dan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Pemerintah.

“Tidak ada batasan usia untuk pengunjung museum, tetapi seluruh pengunjung wajib menunjukkan sertifikat vaksin minimal dosis 1, khusus untuk anak usia di bawah 12 tahun sudah diperbolehkan masuk dengan syarat pendamping atau orang tua sudah divaksin minimal dosis vaksin I,” katanya.

Untuk harga tiket masuk Museum Lawang Sewu dewasa dikenakan Rp 20.000,-/orang,tiket anak Rp 10.000,-/anak dan Wisatawan Mancanegara Rp.30.000,-/orang.

“Para pengunjung yang ingin berkunjung di Historic Building Lawang sewu wajib untuk mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Pemerintah, serta para wisatawan dan pengunjung museum harus melakukan scan barcode PeduliLindungi di gerbang pintu masuk yang ditunjukan kepada petugas keamanan pintu masuk, ” Imbuhnya.

Seperti diketahui, sejak dibuka kembali di masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) pada hari Jumat, 27 Agustus 2021 para pengunjung yang datang berkunjung ke museum terus meningkat.

Pada tahun 2020 jumlah pengunjung mencapai 446.374, tahun 2021 mencapai 296.148 pengunjung dan di tahun 2022 dari bulan Januari hingga saat ini sudah mencapai kurang lebih 661.911 pengunjung.

“Baik dari wisatawan domestik maupun dari wisatawan mancanegara sehingga diambil rata-rata pengunjung adanya peningkatan pengunjung kurang lebih 100% hingga 178%,” tutup Ilud Siregar. (Ak/El)

Tinggalkan Balasan