Scroll Untuk Baca Artikel
Jateng

Kunjungi Tempat Pengungsian Korban Banjir di Demak, Jokowi: Kini Sudah Kita Modifikasi Cuaca

×

Kunjungi Tempat Pengungsian Korban Banjir di Demak, Jokowi: Kini Sudah Kita Modifikasi Cuaca

Sebarkan artikel ini
Jokowi Demak
Presiden Joko Widodo memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir di Demak yang berada di tempat pengungsian di Gedung SMK Ganesa, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak, Jumat, 22 Maret 2024. (Wisnu Budi/beritajateng.tv)

DEMAK, beritajateng.tv – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi tempat pengungsian warga terdampak banjir yang berada di SMK Ganesa, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak, pada Jumat pagi, 22 Maret 2024.

Presiden bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono langsung menggelar rapat koordinasi dengan PLT Gubernur Jateng Nana Sudjana dan Bupati Demak Eistianah beserta petinggi BNPB di Dapur Umum lokasi pengungsian.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

BACA JUGA: Tanggapi Soal Selat Muria yang Ramai Saat Banjir Demak, Ini Kata Badan Geologi Kementerian ESDM

Jokowi mengaku jika banjir yang terjadi di kabupaten Demak merupakan banjir ekstrem, mengingat untuk kedua kalinya tanggul jebol di lokasi yang sama lantaran debit Sungai Wulan sangat tinggi dan arus yang sangat kuat.

“Hujannya sangat ekstrem 150 mm, kalau di Demak itu sudah 238 mm. Sehingga tanggul yang ada tidak kuat menahan curah hujan dan debit air yang tinggi berdampak tanggul yang ada tidak muat dan menggerus mengakibatkan jebol,” tutur Presiden Jokowi.

Jokowi sebut sudah ada modifikasi cuaca di Demak

Atas kerja keras berbagai pihak dan bantuan relawan, tanggul Sungai Wulan sudah berhasil tertutup dan berdampak positif dengan surutnya banjir yang sebelumnya setinggi 2 meter sekarang menjadi 50 sentimeter.

“Semalam tanggul yang jebol sudah berhasil tertutup semua. Dan sekarang ini sudah kita lakukan teknologi modifikasi cuaca. Awan yang ada di atas kita geser ke laut. Sehingga, dapat mengurangi hujan di wilayah Demak dan sekitarnya,” ucap Joko Widodo.

Tinggalkan Balasan