Scroll Untuk Baca Artikel
Indepth

PDIP Masih Menguasai, Ini Prediksi Caleg DPRD Provinsi Jateng yang Lolos ke Gedung Berlian

×

PDIP Masih Menguasai, Ini Prediksi Caleg DPRD Provinsi Jateng yang Lolos ke Gedung Berlian

Sebarkan artikel ini
Ganjar Pranowo | Kursi Dapil
Rapat Paripurna DPRD Jateng di Gedung Berlian, Rabu, 29 Maret 2023. (Made Dinda Yadnya Swari/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tvPDI Perjuangan masih mampu menunjukkan eksistensinya dalam mempertahankan Jawa Tengah sebagai ‘kandang banteng’. Tak hanya hasil Pileg DPR RI, kursi legislatif di tingkat DPRD Provinsi pun masih partai moncong putih tersebut kuasai.

Berdasarkan pantauan hitung cepat di laman pemilu2024.kpu.go.id per Kamis, 22 Februari 2024 pukul 23.00 WIB, PDI Perjuangan berada di peringkat pertama Pileg DPRD Provinsi Jateng dengan persentase 26,22 persen atau berhasil meraih 2.789.910 suara. Berlanjut Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang publik gadang-gadang menjadi partai agamis terkuat di Jateng dengan persentase 15,65 persen atau 1.665.392 suara.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kendati hasil Pilpresnya menang di Jateng, namun Partai Gerindra masih kalah oleh PDI Perjuangan dan PKB di laga Pileg DPRD Provinsi. Partai Gerindra berada di peringkat ketiga dengan 13,09 persen atau 1.392.319 perolehan suara. Kemudian di posisi keempat Partai Golkar menduduki dengan 11,65 persen atau 1.239.731 suara masuk.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menduduki posisi kelima dengan 7,81 persen atau 830.535 suara. Berlanjut dengan Partai Demokrat di posisi keenam dengan 5,85 persen atau 622.555 suara. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berada di posisi ketujuh dengan 5,34 persen atau perolehan 568.525 suara.

BACA JUGA: Real Count DPRD Jateng Dapil 6: Sumanto Unggul Telak, PDIP Kuasai Suara

Perkiraan 120 caleg yang lolos kursi DPRD Provinsi Dapil Jawa Tengah

Mengacu pada perhitungan sainte lague, jika mengambil contoh Dapil 1 Jateng yang meliputi Kota Semarang dengan alokasi 6 kursi, pendatang baru Krisseptiana alias Tia Hendi nomor urut 1 dari PDIP Perjuangan berhasil merebut kursi pertama DPRD Provinsi di Dapil 1.

Kursi kedua di Dapil 1 Jateng juga berhasil diraih oleh PDI Perjuangan, yang artinya petahana H. Soetjipto nomor urut 2 kembali maju sebagai anggota DPRD Jateng periode 2024-2029. Namun, tak menutup kemungkinan bagi Caleg dari partai lain dengan perolehan suara besar untuk mendapatkan kursi dari Dapil I, berikut perkiraannya:

Dapil 1: Krisseptiana alias Tia Hendi (PDIP), H. Soetjipto (PDIP), Sudarsono (Gerindra), Muhammad Afif (PKS), Setyo Budi (NasDem), dan Muhammad Farchna (PSI).

Berikutnya, Dapil 2 dengan alokasi 7 kursi yang meliputi Kabupaten Semarang, Kendal, dan Kota Salatiga. PDI Perjuangan masih mendapatkan kursi pertama yang berpotensi menjadi milik petahana Dyah Kartika Permanasari dengan nomor urut 1. Berikut prediksi perolehan kursi untuk Dapil II:

Dapil 2: Dyah Kartika Permanasari (PDIP), Bagus Suryokusumo (PDIP), Kholid Abdillah (PKB), Mifta Reza (Gerindra), H. Yusuf Hidayat (Golkar), Sholeha Kurniawati (PPP), dan Ida Nurul Farida (PKS).

Di Dapil 3 yang meliputi Kudus, Jepara, dan Demak, 10 kursi akan diperebutkan. PDI Perjuangan dengan total suara 169.946 suara hadir memeroleh kursi pertama pada Dapil 3. Yang mana, petahana Andang Wahyu Triyanto nomor urut 2 meraih perolehan suara tertinggi dan berpotensi mendapatkan kursi kembali. Berikut prediksi kursi Dapil III:

Dapil 3: Andang Wahyu Triyanto (PDIP), Denny Nurcahyanto (PDIP), Ulil Albab (PKB), Nur Sa’adah (PKB), Ari Wachid (Gerindra), Sri Hartini (Gerindra), H. Siswanto (Golkar), Arif Wahyudi (Golkar), Nurul Furqon (PPP), dan Mad Sholeh (PPP).

BACA JUGA: Real Count DPRD Dapil Jateng 9: Muhammad Isnaeni dan Heri Londo Meroket Tinggi

Lanjutan Dapil Jateng 4-6

Dapil 4 yang meliputi Rembang dan Pati memiliki alokasi kursi sebanyak 6 (enam). Yang mana PDI Perjuangan lagi-lagi memeroleh kursi pertama pada Dapil ini. Berikut prediksinya:

Dapil 4: Endro Dwi Cahyono (PDIP), Sugiarto (PKB), Muh Zen (PKB), Noval Utoyo Adji (Gerindra), Raudlatul Jannah (PPP), dan Kartina Sukawati (Demokrat).

Kursi pertama untuk Dapil 5 dipastikan untuk PDI Perjuangan sebagai partai dengan perolehan suara tertinggi. Adapun Dapil 5 yang memperebutkan 8 (delapan) kursi meliputi Grobogan dan Blora. Berikut prediksinya.

Dapil 5: A. Baginda Muhammad Mahfuz H (PDIP), Sulistyorini (PDIP), Niken Mayasari (PKB), Abdulah Aminudin (PKB), Rohmat Marzuki (Gerindra), Padmasari Mestikajati (Golkar), Hafidz Alhaq Fatih (PKS), dan Tri Wanto (Demokrat).

Bergeser ke wilayah selatan, Kabupaten Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen tergabung ke dalam Dapil 6 Jawa Tengah. Untuk daerah pemilihan ini, alokasi kursinya cukup banyak, yaitu 10 kursi.

PDI Perjuangan unggul jauh di atas partai-partai lainnya, yang mana Ketua DPRD Jateng, Sumanto menyumbang suara tertinggi untuk PDI Perjuangan. Berikut prediksinya:

Dapil 6: Sumanto (PDIP), Wulan Purnama Sari (PDIP), Mulyadi (PDIP), Ari Santoso (PDIP), Bondan Sejiwan Bomo Aji (Golkar), Catur Agus Saptono (Golkar), Dedy Endriyanto (PKS), Wagiyo Ahmad Nugroho (Gerindra), Asrar (Demokrat), dan Mukafi Fadli (PKB).

BACA JUGA: Hasil Sementara Real Count DPRD Dapil Jateng 8: Dwi Adi Agung, Ayuning Sekar, Eko Susilo Berjejer Dominasi Suara

Lanjutan Dapil Jateng 7-9

Masih di wilayah Solo Raya, kali ini ada Kabupaten Klaten, Sukoharjo, dan Kota Solo yang tergabung dalam Dapil 7. Para calon legislatif memperebutkan alokasi 10 kursi untuk dapil ini dengan PDIP yang lagi-lagi diprediksi menyumbang banyak kursi.

Dapil 7: Joko Purnomo (PDIP), Kadarwati (PDIP), Hartanto (PDIP), Sumarsono (PDIP), P Bayu Kusuma (Gerindra), Anisa Devy Ika N (Gerindra), Quatly Abdulkadir Alkatiri (PKS), Martono (PKS), Anton Lami Suhadi (Golkar), Hasbindi Haris Prasetyo (Golkar), dan Aminudin Latif (PKB).

Dapil 8 untuk pemilihan DPRD Provinsi Jateng terdiri dari Kabupaten Magelang, Kota Magelang, dan Boyolali. Daerah pemilihan ini mendapatkan alokasi 8 (delapan) kursi. Berikut prediksinya:

Dapil 8: Dwi Adi Agung Nugroho (PDIP), Ayuning Sekar Suci (PDIP), Eko Susilo (PDIP), Endrianingsih Yunita (PDIP), Sukardiyono (Gerindra), Moh Budiyono (PKB), H Tugiman (PKS), dan H Soenarno (Golkar).

Sementara itu, Kabupaten Purworejo, Wonosobo, Temanggung termasuk dalam Dapil IX dengan alokasi 8 (delapan) kursi. Berikut prediksinya:

Dapil 9: Muhammad Isnaeni (PDIP), Elisabeth Intan Kurniasari (PDIP), Muhammad Hajar Zainudin (PDIP), Zainuddin (PKB), Muhaimin (PKB), Heri P alias Heri Londo (Gerindra), Imam Teguh Purnomo (Golkar), dan Kholik Idris (Golkar).

Tinggalkan Balasan