Pegadaian Kanwil XI Semarang Beri Fasilitas KUR Syariah dan CSR di Sonorejo Sukoharjo

Pegadaian Kanwil XI Semarang Beri Fasilitas KUR Syariah dan CSR di Sonorejo Sukoharjo

Sukoharjo, 21/10 (BeritaJateng.tv) – PT Pegadaian Kanwil XI Semarang memberikan fasilitas pembiayaan KUR Syariah kepada masyarakat Kelurahan Sonorejo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo.

Pemberian fasilitas KUR tersebut ditandai penyerahan secara simbolis KUR Syariah kepada perwakilan masyarakat Sonorejo pada pagelaran wayang kulit dalam rangka Bersih Dusun dan launching program Gerakan Masyarakat Bersama Peduli Sampah (Gemah Ripah) di Balai Kelurahan Sonorejo, Sukoharjo, Kamis (20/10/2022) malam.

Selain penyerahan KUR Syariah, Pegadaian Kanwil XI Semarang juga menyalurkan bantuan berupa 15 unit tenda dan 3 gerobak. Bantuan tersebut merupakan bagian dari corporate social responsibility (CSR) Pegadaian.

Pemimpin PT Pegadaian Kanwil XI Semarang, Endang Pertiwi menyampaikan, layanan KUR Syariah dapat diakses di 4.000 outlet Pegadaian di seluruh Indonesia.

Diharapkan, KUR Syariah dapat memberi manfaat positif bagi masyarakat, khususnya para pelaku usaha yang baru akan memulai, atau mengembangkan usahanya, agar mampu naik kelas dan berdaya saing.

“KUR Syariah memiliki marjin atau mu’nah hanya 6 persen per tahun, dengan besaran pinjaman sampai dengan Rp 10 juta yang bisa membantu para pelaku usaha memperoleh pembiayaan dengan mudah, cepat dan juga aman,” katanya.

Fasilitas KUR Syariah tersebut merupakan bentuk komitmen Pegadaian dalam menjalankan literasi keuangan. KUR Syariah juga bisa diakses oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Dengan fasilitas KUR Syariah, diharapkan UMKM bisa lebih berkembang. Dengan begitu, perekonomian juga ikut meningkat,” harapnya.

Dalam acara tersebut, juga dihadiri oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani. Dalam sambutannya, Bupati Etik Suryani menyampaikan terima kasih kepada Pegadaian Kanwil XI Semarang atas bantuan CSR yang diberikan dan juga KUR Syariah kepada warga.

“Tentunya bantuan dari Pegadaian ini sangat bermanfaat bagi warga. Terlebih adanya fasilitas KUR Syariah, warga bisa mendapatkan bantuan modal usaha atau untuk mengembangkan usaha. Karena itu saya sampaikan terima kasih,” kata Etik Suryani.

Plt Lurah Sonorejo, Mamik Hirna Wati menjelaskan, acara Bersih Dusun merupakan wujud rasa syukur dari para petani di Kelurahan Sonorejo atas keberhasilan panennya.

“Selain itu, juga untuk menjaga kekompakan dan keharmonisan warga sehingga kegiatan pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan bisa berjalan dengan baik,” kata Mamik.

Sedangkan program Gemah Ripah adalah program Pemerintah Kelurahan Sonorejo dengan optimalisasi pengelolaan sampah berbasis masyarakat yang sebagian dari hasil pengelolaan akan dialokasikan untuk membantu penanggulangan stunting di wilayah Kelurahan Sonorejo. (Ak/El)

Leave a Reply