Scroll Untuk Baca Artikel
Jateng

Pemkot Semarang Gerak Cepat Lakukan Penanganan Pasca Banjir

×

Pemkot Semarang Gerak Cepat Lakukan Penanganan Pasca Banjir

Sebarkan artikel ini
Pemkot Semarang Gerak Cepat Lakukan Penanganan Pasca Banjir
Rapat Koordinasi Penanganan Bencana bersama Kepala BNPB, BMKG, Pj Gubernur dan pimpinan daerah di Jateng. (Ellya/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu memastikan jika pihaknya sudah siap dalam tanggap darurat pencegahan dan penanganan bencana banjir.

Hal itu kata Mbak Ita, sapaan akrabnya usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan dan Penanganan Bencana banjir di Jateng khususnya Semarang, Senin 18 Maret 2024.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Rakor bersama Kepala BNPB Letjen Suharyanto, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. Serta Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana dan Forkopimda Jateng berlangsung di Kantor Pemprov Jateng.

Dalam kesempatan itu, ia mengaku jika pencegahan-pencegahan khususnya banjir sudah melakukan secara masif. Seperti normalisasi saluran, tinjauan rumah pompa sampai pengerukan sedimentasi. Termasuk berkoordinasi dengan BBWS Pemali-Juana juga sudah terlaksana.

Kemudian penanganan pasca banjir juga terencana seperti pembersihan lokasi-lokasi dari sisa banjir dan pengecekan kesehatan bagi warga.

Lebih lanjut, ia mengatakan bencana banjir kali ini memang karena intensitas curah hujan yang tinggi di Jawa Tengah, khususnya di Kota Semarang. Untuk di wilayah Trimulyo, Kecamatan Genuk, genangan terjadi karena elevasi tanah yang rendah dari tanggul dan drainase yang tertutup air.

“Di sana ada 30 keluarga yang terdampak. Kemarin sudah terdampak limpasan Kali Pengkol. Dan elevasi di bawah tanggul dan juga saluran tidak masuk ke Kali Babon, sehingga di sana sempat tergenang. Tapi, begitu Kali Babon surut genangan ikut surut,” paparnya.

Tinggalkan Balasan