Percantik Kota Semarang, Puluhan PKL di Jalan Kariadi Direlokasi 

SEMARANG, 14/10 (BeritaJateng.tv) – Sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menempel di pagar RS Karyadi akan segera direlokasi. Tujuannya untuk mempercantik penampakan jantung Kota sekaligus untuk memperbaiki saluran air dan pedestrian di sepanjang Jalan Kariadi.

Fajar Purwoto selaku Kepala Satpol PP Kota Semarang mengatakan pihaknya telah mempersiapkan tempat relokasi di jalan Kedungjati kompleks perumahan PT. KAI.

Oleh sebab itu pihaknya telah berkoordinasi dengan manajemen PT. KAI Daop IV Semarang.

Fajar meminta PT. KAI menyiapkan lahan kembali di Jl. Kedungjati kompleks perumahan dinas PT KAI seperti relokasi tahap pertama.

“Jadi PT KAI akan menyiapkam lahan relokasi PKL di Kedungjati atau di mana. Jadi kami tidak akan asal nggusur. Kami harus memastikan relokasi yang layak untuk PKL,” tandasnya.

Relokasi ini sendiri adalah tahap kedua yang mencakup 40 pedagang. Sebelumnya, telah dilakukan relokasi tahap pertama dengan 30 pedagang yang telah dipindah ke Jl. Kedungjati.

Sebelum dilakukan relokasi, Satpol PP Kota Semarang meminta kelurahan Randusari untuk membuat rapat bersama para pedagang. Sejalan dengan itu, Satpol PP juga meminta agar DPU Kota Semarang melakukan perencanaan normalisasi saluran air.

“Saya minta kelurahan Randusari merapatkan relokasi PKL Karyadi tanggal 18 Oktober. Target kita, awal Desember sudah selesai relokasi ke tempat baru yang disediakan PT. KAI,” ujarnya.

Sementara itu, Ixfan Hendriwintoko selaku Manajer Humas PT KAI Daop IV mendukung langkah yang dilakukan Pemkot Semarang. Namun Ixfan meminta agar Pemkot menjalankan prosedur sewa lokasi untuk relokasi pedagang tersebut.

“Pada prinsipnya kami mendukung kegiatan yang akan dilakukan. Namun kaitannya dengan aset yang akan digunakan relokasi ada prosedur-prosedur yang harus dilalui. Jadi pada intinya ada prosedur sewa terkait dengan renvana relokasi PKL,” jelas Ixfan. (Ak/El)

 

Leave a Reply