Satpol PP Tertibkan 15 Lapak PKL Pasar Genuk

Satpol PP Tertibkan 15 Lapak PKL Pasar Genuk

Semarang, 1/8 (BeritaJateng.tv) – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Kota Semarang menertibkan 15 lapak pedagang kaki lima (PKL) yang berada di Pintu masuk Pasar Genuk Semarang, pada Senin (1/8/2022).

Penertiban tersebut dilakukan lantaran pedagang berjualan tidak sesuai lokasi yang telah ditentukan Pemerintah Kota Semarang.

Setibanya di lokasi pasar Genuk, Kepala Satpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto langsung memerintahkan para anak buahnya menertibkan 15 lapak tepi jalan. Selain itu, petugas turut menyita partisi pendukung dagangan.

Hadir dalam penertiban, Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Nurkholis beserta camat dan lurah setempat.

Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan penertiban dilakukan berdasar perintah langsung dari Walikota Semarang Hendrar Prihadi terkait ketertiban jalan dan estetika.

“Permasalahan ini sudah larut lama ya. Akses pintu masuk pasar dipenuhi para pedagang. Ini jelas mengganggu lalu lintas jalan sekitar,” kata Fajar.

Menurut Fajar, sebenarnya para pedagang yang berada di tepi jalan telah mendapat tempat di Pasar Banjardowo dan Lantai dua Pasar Genuk. Namun karena membandel dengan berbagai alasan, pedagang malah memadati dan berjualan di tepi jalan.

“Mereka ini dagang dari jam 00.00 sampai jam 10.00 WIB. Mereka ini ndablek. Berjalannya waktu pak lurah dan kepala dinas perdagangan sudah menegur tiga kali agar tak di tepi jalan. Namun masih pada nekat,” jelasnya.

Oleh karena itu, akhirnya pada hari ini pihaknya mengeksekusi 15 lapak pedagang. Ia meminta para pedagang agar segera menempati Pasar Banjardowo dan lantai 2 Pasar Genuk serta tak lagi memadati pintu masuk dengan dagangannya. “Satpol PP bakal patroli dan tindak tegas di lokasi pasar tersebut,” tegas Fajar. (Ak/El)

Leave a Reply