Scroll Untuk Baca Artikel
Pendidikan

Semarak Sekolah di Semarang Rayakan Hari Kartini, Usung Semangat Kesetaraan Perempuan dalam Pendidikan

×

Semarak Sekolah di Semarang Rayakan Hari Kartini, Usung Semangat Kesetaraan Perempuan dalam Pendidikan

Sebarkan artikel ini
SDN sarirejo
Siswa dan guru SDN Sarirejo Semarang mengenakan budaya adat khas saat merayakan Hari Kartini, Senin, 22 April 2024. (Fadia Haris Nur Salsabila/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Sejumlah sekolah di Kota Semarang menunjukkan kreativitasnya dalam memperingati hari Kartini yang jatuh pada 21 April kemarin. Seperti SDN Sarirejo dan SDN Mangkang Wetan 03.

SDN Sarirejo misalnya. Sekolah yang dulunya didirikan oleh Yayasan Kartini itu memperingati Hari Kartini dengan berbagai acara sederhana. Yaitu upacara, flashmob, pentas seni, doa bersama, hingga nonton bareng (nobar) film dokumenter wanita yang lahir pada wanita yang lahir pada 21 April 1879 ini.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Uniknya, alih-alih berkebaya, para siswa SDN Sarirejo memilih mengenakan pakaian adat yang sebenarnya merupakan seragam kreasi wali murid. Sementara para guru mengenakan pakaian adat Jawa.

“Kostum memang khas dari SDN Sarirejo, umumnya dipakai seisp hari Kamis di minggu pertama,” kata Kepala SDN Sarirejo Alimuddin Aziz kepada beritajateng.tv, Senin, 22 April 2024.

Sementara itu, SDN Mangkang Wetan 03 merayakan Hari Kartini dengan lebih meriah. Berbagai kegiatan seperti kirab budaya, peragaan busana, hingga penampilan seni per kelas.

BACA JUGA: Peringati Hari Kartini, SDN Sarirejo Semarang Gelar Doa Bersama, Flashmob hingga Nobar

Kepala SDN Mangkang Wetan 03 Novira Mayasari menjelaskan, kirab budaya berlangsung di sekitar lingkungan sekolah. Yaitu titik mula SDN Mangkang Wetan 03, menuju sepanjang Jalan Kalisasak hingga perempatan masjid Jami’ Asyafi’iyyah, dan kembali lagi ke SDN Mangkang Wetan 03.

Tinggalkan Balasan