Scroll Untuk Baca Artikel
Kesehatan

Warga RI Ramai Soal Kanker Serviks, Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

×

Warga RI Ramai Soal Kanker Serviks, Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
Kanker serviks
Ilustrasi kanker serviks pada area vagina. (Foto: Freepik)

SEMARANG, beritajateng.tv – Kanker serviks, atau kanker leher rahim, merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi pada wanita. Di Indonesia, kasus ini menduduki peringkat kedua setelah kanker payudara sebagai jenis kanker yang paling umum terjadi pada tahun 2020.

Kurang lebih terdapat 36.000 lebih kasus dan 21.000 kematian akibat penyakit tersebut. Berikut akan beritajateng.tv bagikan informasi seputar penyebab dan cara mengatasi kasus tersebut.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Baca sampai tuntas supaya kamu tidak ketinggalan informasinya.

BACA JUGA: Kasus DBD Naik 3 Kali Lipat Dibanding Tahun 2023, Dokter Ungkap Gejala Awalnya!

Penyebab Kanker Serviks

Penyakit tersebut timbul ketika sel-sel yang normal mengalami perubahan atau mutasi, yang mengakibatkan pertumbuhan sel yang tidak normal dan tidak terkendali, membentuk sel kanker.

Penyebab pasti perubahan pada gen sel-sel tersebut belum terdeteksi dengan pasti. Namun, informasi sementara bahwa kondisi ini berhubungan dengan infeksi virus papilloma manusia (HPV), yang dapat menular melalui hubungan seksual.

Cara Mengobati

Pengobatan kanker serviks bergantung pada tahap kanker yang pasien derita serta kondisi kesehatannya. Tindakan yang dapat dokter lakukan meliputi kemoterapi, radioterapi, bedah, atau kombinasi dari ketiganya.

Kesempatan untuk sembuh dari penyakit ini lebih tinggi jika kondisinya sudah terdeteksi pada tahap awal. Oleh karena itu, sangat baik bagi setiap wanita untuk melakukan skrining kanker serviks secara teratur mulai usia 21 tahun atau setelah menikah.

Tinggalkan Balasan