Scroll Untuk Baca Artikel
Kesehatan

Anemia Aplastik Disebut Penyakit Langka, Begini Gejala dan Cara Mengatasinya

×

Anemia Aplastik Disebut Penyakit Langka, Begini Gejala dan Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
Penyakit Anemia Aplastik
Ilustrasi penyakit langka yang menyerang tubuh manusia. (foto: Freepik)

SEMARANG, beritajateng.tv – Ramai di media sosial terkait penyakit Anemia Aplastik yang konon menjadi salah satu penyakit langka di dunia. Pasalnya penyakit tersebut kini menjadi penyebab meninggalnya artis komika bernama Babe Cabika.

Ia menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit tepat hari ini tadi pagi sekitar pukul 06.38 WIB. Kabar tersebut tentu saja mengejutkan para warganet khususnya para penggemarnya.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Berikut ini beberapa gejala dan cara mengatasi penyakit tersebut.

Gejala Penyakit Anemia Aplastik

BACA JUGA: Dinkes Waspadai Penyakit Pasca Banjir Semarang, Buka Posko Kesehatan hingga Dropping Alat Pemeriksaan Lab 

Penyakit ini dapat mempengaruhi kinerja setiap jenis sel darah, termasuk leukosit yang membantu sistem kekebalan tubuh, trombosit untuk pembekuan darah, dan eritrosit untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Dampaknya menghasilkan berbagai gejala, tergantung pada jenis sel darah yang terpengaruh. Meskipun begitu, beberapa gejala umum dari penyakit tersebut seperti demam, lemas, pucat dan masih banyak lagi lainnya.

Penanganannya

Dokter akan meresepkan pengobatan untuk penyakit tersebut berdasarkan tingkat keparahannya. Tindakan yang biasanya dilakukan oleh dokter untuk mengatasinya yaitu:

1. Jika pasien dengan anemia aplastik berisiko tinggi atau telah terinfeksi, dokter akan menerapkan terapi antibiotik dan antivirus.

2. Imunosupresan, seperti ciclosporin dan kortikosteroid, membantu untuk mencegah kerusakan sumsum tulang akibat penyakit autoimun.

Tinggalkan Balasan