Scroll Untuk Baca Artikel
Gaya Hidup

3 Teori Terbesar Siksa Kubur, Sita dan Adil Sudah Mati di Pertengahan Film?

×

3 Teori Terbesar Siksa Kubur, Sita dan Adil Sudah Mati di Pertengahan Film?

Sebarkan artikel ini
Terowongan Siksa Kubur
Ilustrasi terowongan di film Siksa Kubur. (Foto: Dok. Rapi Film)

SEMARANG, beritajateng.tv – Film Siksa Kubur yang tayang pada 14 April 2024 rupanya masih menjadi objek perbincangan publik. Bagaimana tidak, film garapan Joko Anwar tersebut disebut menyisakan pertanyaan besar bagi penontonnya.

Film Siksa Kubur mengisahkan seorang perempuan bernama Sita yang baeu saja kehilangan orang tuanya karena peristiwa bom bunuh diri.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Saat sudah tumbuh menjadi wanita dewasa, Sita ditemani adiknya, Adil hidup dengan ambisi besarnya yang ingin mencari orang paling berdosa untuk memastikan kebenaran siksa kubur.

Seperti film-film karya Joko Anwar lainnya, selalu ada teori menarik sepanjang film hingga endingnya yang membuat penonton penasaran.

Teori-teori dalam film horor yang satu ini masih ramai warganet bahas di sosial media seperti X.

Lantas, seperti apa teori tersebut? Yuk simak di bawah ini.

1. Teori Sita dan Adil sudah mati sejak pertengahan film

Sebagaimana kita ketahui, Sita merupakan sosok yang berniat mencari orang paling berdosa. Harapannya, ketika orang tersebut meninggal, Sita bisa ikut masuk ke dalam kuburan untuk membuktikan kalau siksaan di kubur itu tidak ada.

Dalam filmnya, Sita akhirnya menemukan orang berdosa tersebut, yaitu Pak Wahyu. Lalu, setelah Pak Wahyu meninggal, Sita ikut masuk ke liang kubur orang tersebut pada malam hari.

Sewaktu berada di dalam kubur, Sita sempat tertidur sebelum akhirnya bangun tanpa menyaksikan azab kubur dari Pak Wahyu. Sedangkan Adil sempat melihat ular besar melintas saat malam itu.

BACA JUGA: Bukan Sembarangan, Ini Arti Ular Syuja’ul al-Aqra di Film Siksa Kubur dalam Ajaran Islam

Nah, banyak yang berteori kalau Sita dan Adil sebenarnya sudah meninggal pada momen penguburan Pak Wahyu.

Sita diduga meninggal karena kehabisan oksigen akibat pipa yang menyalurkan oksigen nya tertutup, sementara Adil tewas akibat digigit ular ketika sedang berjaga di luar liang kubur.

2. Teori azab kubur Sita

Jika teori yang mengatakan kalau Sita dan Adil sudah meninggal itu benar, itu artinya menguatkan teori lain yang menyebutkan bahwa semua adegan di film pasca Sita dikubur dengan Pak Wahyu adalah azab kubur Sita.

Hal ini berkaitan dengan perkataan Pak Wahyu tentang siksa kubur terburuk adalah sesuatu yang ditakutkan oleh seseorang menjadi nyata.

Nah, segala kejadian setelah Sita keluar dari kuburan Pak Wahyu untuk pertama kalinya pun berkaitan dengan rasa takut terbesarnya.

Jadi, kemungkinan setengah film ini bisa saja diambil dari sudut pandang Sita saat menjalani azab kubur.

Joko Anwar pun menegaskan jika film terbarunya ini tidak memiliki open ending atau ending alternatif seperti isu yang beredar di media sosial.

“Nggak ada (ending alternatif). Dan endingnya nggak open ending,” jelas Joko Anwar melalui cuitannya pada Sabtu (13/4/2024).

Tinggalkan Balasan