Scroll Untuk Baca Artikel
Jateng

Aliansi Organisasi Peduli Perempuan Semarang Tuntut DPRD Kaji Ulang Perlindungan Perempuan

×

Aliansi Organisasi Peduli Perempuan Semarang Tuntut DPRD Kaji Ulang Perlindungan Perempuan

Sebarkan artikel ini
Aliansi Organisasi Peduli Perempuan Semarang
Aliansi Organisasi Peduli Perempuan Semarang saat melaksanakan aksi di halaman Balaikota Semarang, Selasa 19 September 2023. (Fadia Haris Nur Salsabila/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Sejumlah massa dari Aliansi Organisasi Peduli Perempuan Semarang menggelar aksi damai di halaman Balaikota Semarang, Selasa (19/09/2023). Dalam aksi ini, mereka membawa poster dan karangan bunga berduka cita.

Hal ini pun mereka lakukan sebagai bentuk protes terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan yang mereka nilai cacat.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Nihayatul Mukharomah, perwakilan Aliansi Organisasi Peduli Perempuan Semarang mengatakan, penyusunan Raperda selama ini tidak memperhatikan nasib perempuan rentan. Ia menilai, prosedur pembentukan dan substansi Raperda sangat cacat hukum.

Dari sisi prosedur misalnya, pembentukan Raperda cenderung tidak partisipatif. Lebih jelas, lanjut Nihayatul, proses penyusunan dan pembahasan Raperda tidak melibatkan kelompok masyarakat yang terdampak langsung yaitu kelompok perempuan rentan.

Perempuan rentan yang Nihayatul maksud antaranya perempuan korban kekerasan, perempuan disabilitas, perempuan dengan HIV/AIDS. Selain itu, perempuan yang hidup dalam kawasan rob dan banjir, perempuan yang hidup dalam kawasan rawan bencana alam, dan sebagainya.

BACA JUGA:DP3A Kota Semarang Sosialisasi Aturan Penjualan Rokok Legal Kepada Retailer Perempuan

“Kami hanya sekali dilibatkan yaitu dalam Rapat Pansus tertanggal 13 September 2023 dalam agenda perumusan hasil fasilitasi akhir. Undangan resmi dan draft dikirimkan sangat mepet. Sehingga sangat terbatas untuk memberi masukan,” jelas Nihayatul kepada awak media sesaat sebelum aksi berlangsung.

Tinggalkan Balasan