Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineNews UpdatePendidikan

‘Becikku’ Kendaraan Listrik Ciptaan Udinus Semarang, Mampu Beroperasi Tanpa Sopir

×

‘Becikku’ Kendaraan Listrik Ciptaan Udinus Semarang, Mampu Beroperasi Tanpa Sopir

Sebarkan artikel ini

Udinus Semarang menciptakan kendaraan listrik tanpa awak bernama Becikku

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu melihat langsung kendaraan listrik bernama Becikku karya Udinus Semarang, Senin (20/3/2023). (Ellya - beritajateng.tv)

SEMARANG, 20/3 (beritajateng.tv) – Ajakan pemerintah beralih dari kendaraan berbasis bahan bakar minyak ke kendaraan menggunakan energi terbarukan mulai dilaksanakan oleh sejumlah pihak.

Tak hanya para produsen kendaraan bermotor, civitas akademika kampus pun mulai menciptakan kendaraan berbahan bakar listrik.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Satu diantaranya civitas akademika Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Dosen bersama para mahasiswanya menciptakan kendaraan listrik berupa becak listrik yang dinamai Becikku (Becak Listrik Kampus Udinus).

Koordinator Pameran Artificial Intelligence Kampus Udinus, Ari Heriyanto mengatakan, becak ini menggunakan aki sebagai sumber tenaga.

Di bagian atas, terdapat pula solar oanel untuk menambah tenaga pada aki tersebut. Becak karya mahasiswa dan dosen tersebut bekerja secara otonom.

Becak dioperasionalkan tanpa supir. Di bagian bawah, terdapat kamera untuk mendeteksi jalan yang harus dilalui.

“Becak ini bisa membawa empat penumpang tanpa ada supir. Ini sudah dilengkapi kamera sensor,” terang Ari, Senin (20/3/2023).

Ari membeberkan, Becikku ini rencananya akan dioperasionalkan di Kota Lama dengan kerja sama Pemerintah Kota Semarang.

Becak ini akan mengitari Kota Lama Semarang. Tak hanya berkonsep kendaraan ramah lingkungan, uniknya, becak ini menggunakan teknologi modern.

Tinggalkan Balasan