Scroll Untuk Baca Artikel
Gaya Hidup

Berikut Profil Lengkap Joko Anwar, Sutradara Film Siksa Kubur 2024

×

Berikut Profil Lengkap Joko Anwar, Sutradara Film Siksa Kubur 2024

Sebarkan artikel ini
joko anwar
Joko Anwar, sutradara film Siksa Kubur yang akan rilis pada 10 April 2024. (Instagram/@jokoanwar)

SEMARANG, beritajateng.tv – Joko Anwar mulai terkenal oleh publik berkat film Janji Joni yang ia tulis dan sutradarai sendiri. Karya tersebut meningkatkan reputasinya di kalangan sineas Indonesia.

Selain itu, tindakan kontroversialnya saat bugil di minimarket demi memenuhi janjinya di Twitter juga membuat namanya semakin terkenal. Joko Anwar tumbuh di sebuah lingkungan miskin di Medan, Sumatera Utara.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Ia lahir pada 13 Januari 1976, dia besar dengan gemar menonton film kung fu dan horor, yang membuatnya sangat dekat dan mencintai dunia film. Sejak duduk di Sekolah Menengah Pertama, Joko telah aktif menulis dan menyutradarai drama.

BACA JUGA: Rilis Trailer Siksa Kubur, Joko Anwar Sampai Rela Tolak Proyek Hollywood, Kenapa?

Namun, bakatnya tidak sepenuhnya diakui dan tidak selaras dengan pendidikan formalnya. Meskipun orang tuanya tidak mampu membiayai sekolah film, Joko memilih untuk kuliah di Institut Teknologi Bandung, mengambil jurusan Aerospace Engineering.

Joko Anwar

Setelah lulus pada tahun 1999, dia bekerja sebagai wartawan di The Jakarta Post dan juga memulai karier sebagai kritikus film yang berpengalaman. Kariernya dalam industri film dimulai ketika dia bertemu dengan sutradara dan produser terkenal, Nia Dinata.

Saat itu, Joko mewawancarai Nia untuk surat kabar The Jakarta Post. Nia sangat terkesan dengan Joko dan mengundangnya untuk menulis proyek filmnya yang kemudian dikenal dengan nama Arisan! (2003).

Tinggalkan Balasan