Scroll Untuk Baca Artikel
Kuliner

Berikut Rekomendasi Menu Sahur Simpel dan Sehat, Cocok Buat Anak Kos yang Lagi di Perantauan

×

Berikut Rekomendasi Menu Sahur Simpel dan Sehat, Cocok Buat Anak Kos yang Lagi di Perantauan

Sebarkan artikel ini
Menu sahur
Ayam goreng tepung (Foto: Freepik)

SEMARANG, beritajateng.tv – Memasuki bulan suci Ramadhan, kita sering kali pusing dengan menu sahur dan buka puasa. Terlebih lagi anak kos yang sedang berada di perantauan jauh dari keluarga.

Nah, bagi kamu yang merasa demikian artikel ini sangat tepat sekali. Karena beritajateng.tv akan bagikan beberapa rekomendasi menu sahur yang simple dan sehat.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Dengan begitu kamu tidak perlu bingung lagi dan bisa menjadikan beberapa menu di bawah ini untuk jadi pilihan kamu.

Rekomendasi Menu Sahur Simpel dan Sehat

Ayam Goreng Tepung

BACA JUGA: Hilal di Kota Semarang Tak Terlihat, 1 Ramadhan 1445 H Jatuh Besok Selasa, 12 Maret 2024

Pertama siapkan dulu beberapa bahannya seperti 1 ekor ayam (potong-potong),1 butir telur 1 sdm tepung maizena 5 sdm tepung terigu 5 siung bawang putih. Berikutnya haluskan garam, merica, dan penyedap rasa secukupnya dan kaldu bubuk ayam secukupnya.

Cara membuat menu sahur yang satu ini yaitu siapkan wadah untuk meletakkan daging ayam lalu lumuri daging ayam dengan bawang putih, merica, penyedap rasa, dan garam. Masukkan ke dalam kulkas, dinginkan selama 1 jam.

Jangan lupa siapkan mangkuk, lalu masukkan tepung terigu dan maizena ke dalam wadah. Tuang kaldu bubuk ayam dan beri merica secukupnya, lalu sisihkan. Siapkan wadah, lalu kocok telur dengan sedikit garam lalu masukkan ayam ke dalam tepung dan telur baluti supaya krispi.

Siapkan wajan, lalu panaskan minyak goreng ayam di dalam minyak panas. Setelah matang, angkat dan tiriskan, lalu ayam goreng tepung siap untuk dinikmati.

Nasi Goreng

Menu sahur yang satu ini sangat simple sekali, yaitu bahan-bahan yang perlu kamu siapkan seperti 2 piring nasi suhu ruang 2 batang daun bawang 1 wortel potong korek sawi potong kecil. Berikutnya 6 bakso potong tipis 2 butir telur 2 sdm kecap manis 1 bungkus bumbu nasi goreng 1 sdt garam sedikit dan siapkan mentega atau minyak.

Adapun cara membuatnya yaitu siapkan wajan, lalu panaskan sedikit minyak. Masukkan telur, lalu orak-arik. Tambahkan bakso dan sawi, kemudian aduk hingga merata. Masukkan nasi, kemudian beri kecap dan bumbu nasi goreng.

Aduk-aduk sampai matang. Sesaat sebelum diangkat, beri daun bawang dan wortel. Aduk-aduk kembali hingga merata. Koreksi rasanya, jika rasa sudah sesuai, angkat dan sajikan. Nikmati nasi goreng selagi hangat.

BACA JUGA: Ramadhan di Depan Mata! Ini 5 Spot Ngabuburit Paling Favorit dan Asyik di Semarang

Ca Sawi

Siapkan 250 gram sawi putih (potong-potong) 100 gram jamur iris tipis dan 100 gram jagung muda iris memanjang. Berikutnya 1 batang daun bawang (iris) 1 sdm minyak 1 sdm saus tiram 1/2 gelas air 2 buah cabai merah, potong serong. Terakhir yaitu 2 siung bawang putih, cincang halus garam, gula pasir secukupnya.

Adapun cara membuatnya yaitu siapkan wajan dan panaskan minyak. Tumis bawang putih sampai harum dan berwana kekuningan.

Masukkan cabai merah, lalu aduk sebentar, tambahkan sawi putih, jamur, dan jagung muda, kemudian aduk sampai layu. Tambahkan garam, gula, merica, dan saus tiram. Kemudian aduk hingga merata.

Tinggalkan Balasan