Scroll Untuk Baca Artikel
Gaya Hidup

Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa? Ini Jawaban Ahli Gizi

×

Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa? Ini Jawaban Ahli Gizi

Sebarkan artikel ini
Ibu hamil berpuasa
Ilustrasi. Apa benar ibu hamil boleh berpuasa selama bulan Ramadhan? Sumber: freepik.

SEMARANG, beritajateng.tv – Dalam bulan Ramadan, banyak orang yang mempersiapkan diri sehingga dapat menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Namun, bagi ibu hamil dan menyusui, pertanyaan tentang keamanan dan kesehatan selalu menjadi perhatian utama sebelum memutuskan untuk berpuasa.

Lalu, bolehkan seorang ibu yang sedang hamil atau menyusui ikut berpuasa?

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Menurut Vilda Ana Veria Setyawati, S.Gz, M.Gizi, Ahli Gizi asal Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, ibu hamil atau ibu menyusui sebenarnya boleh berpuasa jika memang mereka mampu dan tubuhnya siap untuk menjalankan ibadah puasa.

“Tidak semua ibu (hamil dan menyusui) mampu berpuasa karena takutnya terjadi dehidrasi dan perkembangan janin terganggu. Kalau pun nekat berpuasa sebaiknya atas saran dan pendampingan dokter kandungan,” jelasnya kepada beritajateng.tv, belum lama ini.

Vilda menambahkan, untuk ibu hamil, kondisi yang rentan adalah ketika memasuki trisemester pertama, yaitu di usia kandungan yang masih satu hingga tiga bulan. Pada trimester pertama itulah ibu hamil masih mengalami mual dan muntah dengan intensitas tinggi.

“Kalau memang mampu, harus sadar akan hal-hal yang dilakukan, misal ibu hamil yang berpuasa tetap harus makan tiga kali, saat sahur, saat buka puasa, dan saat menjelang tidur. Jadi meskipun hamil ada treatment khusus,” katanya.

Resiko ibu hamil yang ikut puasa, kata Vilda, adalah perkembangan janin yang tidak tercapai sesuai target. Normalnya, janin berkembang sesuai dengan bertambahnya usia kehamilan.

Tinggalkan Balasan