Scroll Untuk Baca Artikel
Cek Fakta

CEK FAKTA: Guru Besar IPB Sebarkan Survei Independen Pemilu 2024

×

CEK FAKTA: Guru Besar IPB Sebarkan Survei Independen Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
ilustrasi survei
Ilustrasi survei Pileg DPRD Kota Semarang. (Pexels/Pixabay)

SEMARANG, beritajateng.tv – Beredar sebuah video di jagat maya seperti platform sosial media Instagram dan Facebook yang menunjukkan sebuah hasil survei independen Pemilu 2024.

Adapun di dalam video itu terdapat klaim bahwa hasil survei Pemilu 2024 tersebut berasal dari Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Didin S. Damanhuri.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Lebih lanjut, di dalam video tersebut, tampak hasil jajak pendapat atau pandangan setiap pasangan calon (paslon) presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dalam Pemilu 2024.

Adapun survei di dalam video yang beredar tersebut menampilkan variatif di masing-masing provinsi dan tak hanya memenangkan salah satu paslon.

BACA JUGA: CEK FAKTA: KPU Bolehkan Mencoblos Pemilu 2024 Secara Online, Benarkah?

Lantas, apakah benar Guru Besar IPB tersebut mengeluarkan angka-angka hasil survei independen Pemilu 2024? Berikut hasil penelusurannya.

Hasil penelusuran

Melansir dari Radar Bogor, Kepala Biro Komunikasi IPB University, Yatri Indah Kusumawati, mengatakan Didin merupakan guru besar di kampus tersebut. Namun dia tidak mengeluarkan hasil survei yang beredar itu. “Informasi tersebut bukan dari Prof Didin S Damanhuri,” kata Yatri pada 21 November 2023. 

Demikian juga guru besar tersebut yang mengaku tidak melakukan atau menghasilkan survei apapun terkait Pilpres 2024. Justru menurutnya angka survei itu rilis secara independen oleh Prof Widi Agoes Pratikto dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Ia mengaku hanya ikut memviralkan hasil survei tersebut. Selain itu, ia juga masih mempertanyakan detail proses survei dan samplingnya sehingga menghasilkan angka-angka tersebut, namun belum mendapat jawaban.

“Maaf itu bukan dari saya, tapi dari kolega Prof. Widi Agoes Pratikto dari ITS yang menurutnya, hasil riset internal tim independen. Beliau memang aktif bersama grupnya memantau. Saya hanya ikut memviralkan,” kata Guru Besar IPB tersebut.

Widi yang katanya melakukan survei tersebut juga belum memberikan keterangan terkait proses survei secara detail. Dalam artikel yang rilis di Duta.co, guru besar teknologi kelautan itu mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam Pilpres 2024.

Dari beberapa keterangan di atas, dapat tersimpulkan bahwa keterangan dalam video yang beredar secara luas di jagat maya tidak benar atau hoaks.

Guru Besar IPB Didin S Damanhuri tidak membuat hasil survei tersebut, melaikan Widi Agoes Pratikno, guru besar ITS.

BACA JUGA: CEK FAKTA: Hasil Hitung Suara Pemilu 2024 Taiwan dan Malaysia Telah Rampung

Meski demikian, tidak ada keterangan lengkap terkait proses jajak pendapat dan sampling di dalam survei tersebut.

Tinggalkan Balasan