Scroll Untuk Baca Artikel
Nasional

Curigai Urusan SIM Jadi Lahan Pungli Polisi, Benny K. Harman: Cabut Perpanjangan SIM, Kasih Satu Kali Seumur Hidup

×

Curigai Urusan SIM Jadi Lahan Pungli Polisi, Benny K. Harman: Cabut Perpanjangan SIM, Kasih Satu Kali Seumur Hidup

Sebarkan artikel ini
SIM seumur hidup
Anggota Komisi III DPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Benny K. Harman, saat rapat dengan Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu 5 Juli 2023. (Foto: Tangkap layar video YouTube/DPR RI)

JAKARTA, beritajateng.tv – Anggota Komisi III DPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Benny K. Harman, mengusulkan agar surat izin mengemudi (SIM) berlaku seumur hidup. Ia menyatakan kekhawatirannya bahwa proses perpanjangan SIM bisa menjadi celah bagi oknum untuk melakukan pungutan liar (pungli).

Hal tersebut diungkapkan oleh Benny saat rapat dengan Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu 5 Juli 2023. Ia menilai bahwa perpanjangan SIM yang dilakukan setiap 5 tahun bisa menjadi kesempatan mencari keuntungan.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Saya senang SIM bukan bagian dari PNBP, bagian pelayanan. Tapi kalau itu bagian pelayanan mestinya tidak boleh ada lagi masa berlakunya SIM, harus seumur hidup,” kata Benny dalam rapat kerja Komisi III DPR dengan Korlantas Polri.

BACA JUGA: Kapolres Tekankan Pelayanan Maksimal Bagi Masyarakat di Kantor Satpas Demak

Benny menduga bahwa pengurusan perpanjangan SIM telah menjadi sumber pungutan liar selama ini. Oleh karena itu, ia mendorong adanya terobosan untuk menghentikan praktik yang melanggar hukum tersebut.

“Kalau setiap lima tahun ya itu kan alat cari duit. Jadi kalau bapak konsisten, saya dukung hapus itu, SIM satu kali saja ujian. Itu kalau mau benar, tapi kalau mau cawe-cawe, polisi mau cawe-cawe, di SIM itu caranya. Perpanjang SIM,” kata Wakil Ketua Umum Partai Demokrat tersebut.

Tak Hanya SIM Seumur Hidup, Ujian SIM Juga Harus Konsisten

Selain mendukung SIM berlaku seumur hidup, Benny juga meminta agar polisi konsisten dalam menerapkan aturan ujian SIM sehingga hanya mereka yang memenuhi syarat yang berhak memiliki SIM.

Tinggalkan Balasan