Scroll Untuk Baca Artikel
Pendidikan

Disrupsi Game Online pada Generasi Muda, Akankah Indonesia Emas 2045 Tercapai? Ini Kata Pengamat

×

Disrupsi Game Online pada Generasi Muda, Akankah Indonesia Emas 2045 Tercapai? Ini Kata Pengamat

Sebarkan artikel ini
Indonesia Emas 2045
Pengamat pendidikan asal Universitas Negeri Semarang (Unnes), Edi Subhkan. (Foto: Dok. Pribadi)

SEMARANG, beritajateng.tvIndonesia Emas 2045 layaknya menjadi mimpi indah rakyat Indonesia. Sebab, tahun 2045 nanti bersamaan dengan 1 abad Indonesia merdeka.

Namun, pengamat pendidikan asal Universitas Negeri Semarang (Unnes), Edi Subhkan, menilai pemerintah mesti realistis. Bahwasanya, cita-cita Indonesia Emas 2045 tak bisa lepas dari kondisi faktual yang ada saat ini.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Salah satunya kemajuan digital teknologi. Tak terkecuali game online yang kini pelajar Indonesia gandrungi.

“Digital teknologi membawa janji-janji positif kalau kita memanfaatkan dengan baik, bisa memegang etika penggunaan, digital literasi, dan time management. Itu bisa menunjang anak didik menjadi pemimpin perubahan untuk 2045 menjadi lebih baik,” katanya saat beritajateng.tv hubungi, Selasa, 23 April 2024.

BACA JUGA: Tak Main-main, Begini Kisah Gamer Free Fire Amjad Najih yang Tak Lupa Agama, Sampai Hafal Al-Quran!

Namun demikian, game online yang saat ini digemari oleh pelajar menjadi tantangan tersendiri. Apalagi ditambah orang tua, guru, hingga pemerintah yang seolah kesulitan mengontrol popularitas game online.

Menurut survei pada 2020 lalu, lebih dari 19 persen anak dan remaja di Indonesia kecanduan internet, baik media sosial ataupun game online.

Sehingga, kata Edi, bukan tidak mungkin jika game online bisa menjadi salah satu disrupsi dari upaya tercapainya Indonesia Emas 2045.

Tinggalkan Balasan