Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlinePendidikan

Doa Ramadhan yang Bisa Diamalkan Selama Bulan Puasa

×

Doa Ramadhan yang Bisa Diamalkan Selama Bulan Puasa

Sebarkan artikel ini
doa ramadhan
Ilustrasi. Doa Ramadhan yang bisa diamalkan agar mendapatkan ampunan. Sumber: freepik.

SEMARANG, beritajateng.tv – Bagi umat muslim, doa menjadi senjata utama untuk menjalani kehidupan. Apalagi di bulan Ramadhan, doa-doa akan diijabah Allah. Lantas, doa ramadhan seperti apa yang bisa kita amalkan?

Berikut doa Ramadhan yang bisa diamalkan.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

1. Surat Al-Baqarah ayat 286

Doa Ramadhan pertama memuat tentang memohon ampunan dari Allah SWT. Selain itu, umat manusia juga meminta kepada Allah SWT agar bisa menghadapi cobaan.

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

Dikutip dari Kitab Ihya’ Ulumiddin karya Imam Al Ghazali, banyak ulama-ulama dahulu mengamalkan doa pendek ini.

2. Surat Ali Imran ayat 147

Selain membaca surat Al-Baqarah ayat 286, umat Muslim juga bisa memohon ampunan Allah dengan membaca Q.S. Ali Imran ayat 147. Dalam ayat ini manusia juga meminta agar Allah meneguhkan hati dan tidak berpaling. Doa ini bisa menjadi doa Ramadhan.

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوْبَنَا وَاِسْرَافَنَا فِيْٓ اَمْرِنَا وَثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Artinya: “Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebihan (dalam) urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.”

BACA JUGA: Macam-Macam Sholat Malam yang Bisa Dikerjakan Selama Ramadhan

Kumpulan Doa Ramadhan Lainnya

3. Surat Ali Imran ayat 193

Tinggalkan Balasan